running text

HORAS!!! SELAMAT DATANG DI BLOG HKBP SUTOYO; Jln. Letjend Sutoyo, Jakarta Timur - Indonesia

Rabu, 07 Februari 2018

"IMAN MENGALAHKAN DUNIA" Renungan Harian Pdt.Lucius T.B.Pasaribu, S.Th

IMAN MENGALAHKAN DUNIA

1 Yohanes 5:5, "Siapakah yang mengalahkan dunia, selain dari pada dia yang percaya, bahwa Yesus adalah Anak Allah?"

Lawan terbesar dalam diri manusia bukanlah musuh tetapi sikap pesimis di dalam diri sendiri. Tak jarang seorang olahragawan konsultasi ke psikolog atau konselor untuk membangun percaya diri.  Percaya diri dan sikap optimis sangat membantu orang memiliki semangat dalam memenangkan lomba atau pertandingan.   Hal ini dilakukan agar jangan terjadi seperti ungkapan: "belum berjuang sudah kalah". Hal seperti inilah tantangan terbesar dalam meraih kemenangan. 

Meraih krmenangan memang harus realistis, realisme yang berpengharapan. Tidak mungkin kita melakukan sesuatu tanpa perhitungan.  Tak semua bisa seperti Daud dapat mengalahkan Goliat sang raksasa itu. Tidak mungkin kita maju ke medan pertandingan dengan lawan yang tak seimbang atau melakukan pekerjaan yang "impossible" (tidak mungkin) dengan dalih iman dan pengharapan. Tuhan Yesus sendiri mengajarkan realistis (baca Lukas 14:28-31), seorang membangun harus mengukur kemampuannya dan seorang pemimpin perang harus memperhitungkan kekuatan lawan. 

Rasul Yohanes memperhadapkan kepada jemaat mula-mula bahwa musuh-musuh terbesar orang Kristen adalan 'pengajar-pengajar sesat dan guru-guru palsu' (1 Yoh 4:1-3); mereka adalah 'anti Kristus' yang terus melakukan provokasi dan propoganda menghambat penyebaran Injil. Mereka terus menyebarkan roh kesesatan karena mereka adalah alat iblis yang telah sejak semula terus melakukan dosa (1 Yoh 3:8). Tujuan hidup mereka adalah kenikmatan sesaat di dunia ini. 

Jangan takut dan kuatir menghadapi dunia dan segala kuasanya. Orang yang percaya kepada Yesus Kristus memiliki kuasa untuk mengalahkan dunia ini. Hal ini cukup beralasan bagi rasul Yohanes karena: 

(1). Kristus telah mengalahkan kuasa dosa dan maut. Segala kuasa iblis telah ditahlukkan oleh Yesus Kristus melalui kematian dan kebangkitanNya. Kita telah ditebus dari kuasa dosa dan kematian maka kematian dan dosa tidak dapat menahan kita karena kita telah hidup dalam kuasa pemerintahan Kristus. Karena itu jangan lagi mau dikenakan kuk perhambaan (Band Gal 5:1)

(2). Orang percaya dapat mengalahkan dunia dan ini karena kita memiliki iman. Iman yang kita miliki adalah kekuatan tak terbatas, bukan hanya kuat dalam arti keras, tetapi kuat dalam arti kuasa (kata Yunani disebut 'dunamis'. Bisa juga kita bandingkan kata dinamit yang memiliki kekuatan daya ledak). Yesus berkata: "Sesungguhnya sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja kamu dapat berkata kepada gunung ini: Pindah dari tempat ini ke sana, — maka gunung ini akan pindah, dan takkan ada yang mustahil bagimu." (Mat 17:20). Iman adalah kekuatan terbesar orang percaya yang dapat mengalahkan dunia.
(3). Penyertaan Tuhan Yesus.Yesus tidak pernah meninggalkan orang percaya. Dia hadir dan mendampingi kita dalam menjalani hidup ini. Dia menyertai sampai akhir perjalanan hidup kita di dunia ini.  Yesus berkata: "Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman" (Mat 28:20).

Inilah kekuatan besar pada diri orang percaya yaitu iman. Mari pelihara iman yang ada pada kita agar terus bertumbuh karena itu adalah sumber kekuatan dalam hidup orang percaya. Iman menguatkan kita melewati rintangan dan mengalahkan tantangan dalam hidup ini. Amin.