running text

HORAS!!! SELAMAT DATANG DI BLOG HKBP SUTOYO; Jln. Letjend Sutoyo, Jakarta Timur - Indonesia

Kamis, 01 Februari 2018

"TUHAN PAHLAWAN YANG MEMBERI KEMENANGAN" Renungan Harian Pdt.Lucius T.B.Pasaribu, S.Th

"TUHAN PAHLAWAN YANG MEMBERI KEMENANGAN"

Zefanya 3:17, "TUHAN Allahmu ada di antaramu sebagai pahlawan yang memberi kemenangan. Ia bergirang karena engkau dengan sukacita, Ia membaharui engkau dalam kasih-Nya, Ia bersorak-sorak karena engkau dengan sorak-sorai".

Dalam zaman kerajaan kuno, pahlawan dalam peperangan adalah kunci utama memenangkan pertempuran. Pahlawan ini adalah seseorang yang dianggap memiliki kemampuan luar biasa di atas rata-rata kemampuan manusia biasa.  Seorang pahlawan akan maju ke medan pertempuran dengan segala kekuatan dan kesaktiannya mengalahkan musuh. Pasukan perang akan bersemangat jika pahlawan mereka berada bersama mereka menghadapi musuh. Keberanian dan percaya diri akan bertambah jika mereka bersama dengan pahlawan perangnya.

Hal seperti ini juga yang dijelaskan oleh nabi Zepanya untuk meyakinkan umat Allah menghadapi musuh-musuhnya. Allah adalah pahlawan mereka yang hadir di tengah-tengah mereka menghadapi musuh. Jika Allah di pihak kita siapakah musuh yang menentang kita? (Band Roma 8:31). Allah itu gagah dan perkasa, Dia adalah pahlawan gemilang dalam peperangan, seperti disebut dalam Mzm 24:8, "Siapakah itu Raja Kemuliaan?". TUHAN, jaya dan perkasa, TUHAN, perkasa dalam peperangan!" 

Zepanya melayani zaman Raja Yosia dan raja-raja terakhir di Yehuda. Mungkin sejajar dengan jaman Yeremia dan nabi-nabi kecil lainnya pada masa menjelang Yehuda ke pembuangan. Tema hari Tuhan sangat penting bagi Zepanya: penghukuman Tuhan atas bangsa-bangsa dan umatNya. Zepanya dalam pasal 2 juga menyampaikan nubuatan hukuman kepada beberapa negara: Filistin, Moab dan Amon, Assyur dan Mesir. Hal ini meyakinkan umat Allah bahwa Allah berperang demi umatNya dan akan memberikan hukuman bagi bangsa asing yang mengancam dan menekan umat Israel. 

Tuhan pahlawan bagi umatNya bukan saja pembawa kemenangan dalam perang tetapi memberikan sukacita, membaharui umatNya dengan penuh sorak-sorai. Peristiwa yang membawa kemenangan harus memperbaharui mereka, berubah untuk kebih taat memelihara perintah Allah. 

Siapakah pahlawan kita dalam perjalanan hidup kita? Pernah seorang ibu memposting anak kebanggaannya yang ulang tahun dan menyebutkan: "selamat ulang tahun ya pahlawanku!" Pahlawan disini adalah harapan yang besar dan kebanggaan. Pembawa nama yang harum dan kejayaan keluarga. Mungkin setiap orang memiliki perbedaan hal siapa pahlawannya dalam hidupnya, yang memotivasi dan membuat hidupnya bersemangat dan bergembira. Saat ini firman Tuhan hadir dan memberitahukan bahwa Allah sendirilah pahlawan kita yang memberikan kemenangan dalam perjuangan hidup kita masing-masing. Jangan kecut dan tawar hati, Tuhan pahlawan bagi kita orang yang dikasihiNya. Amin.