running text

HORAS!!! SELAMAT DATANG DI BLOG HKBP SUTOYO; Jln. Letjend Sutoyo, Jakarta Timur - Indonesia

Rabu, 22 Februari 2017

"KEAJAIBAN YANG MENAKJUBKAN" Renungan Harian Pdt.Lucius T.B.Pasaribu, S.Th

KEAJAIBAN YANG MENAKJUBKAN

Yesaya 29:14 “Maka sebab itu, sesungguhnya, Aku akan melakukan pula hal-hal yang ajaib kepada bangsa ini, keajaiban yang menakjubkan; hikmat orang-orangnya yang berhikmat akan hilang, dan kearifan orang-orangnya yang arif akan bersembunyi.”

Sekelompok sarjana yang terbilang ilmuan pintar dan cemerlang dari berbagai disiplin ilmu dimasukkan ke camp pelatihan khusus. Dipelatihan itu mereka diperlakukan sangat keras dan tidak manusiawi, seolah mengembalikan mereka ke titik nol peradaban, bodoh, tidak tahu apa-apa dan tanpa kecerdasan dan cara berpikir sebelumnya. Setelah merasa tidak tahu apa-apa, mereka diberikan peluang menerima pengajaran, pengetahuan dan pelatihan yang membuat mereka sangat berbeda. Hasilnya mereka menjadi orang berhikmat yang amat menakjubkan.

Menjelang masa pembuangan mulai, kekecewaan Allah atas umatNya sangat nyata. “Hati umatKu sudah menjauh dari padaKu”. Umat itu menghampiri Allah dalam doa, ibadah, nyanyian dan pujian, tapi hati mereka tidak mengabdi kepada Dia atau titah-titah-Nya. Mereka bertindak seakan penyataan Allah dan standar kebenaran-Nya tidak ditaati. Lalu mereka hidup dengan keagamaan dan tradisi yang diajarkan pemimpin mereka, dan merasa damai palsu, mereka hidup egois (Yeremia 4:3-4).

Keadaan rohani yang rusak itu terjadi di gereja dewasa ini, dan dalam keberagamaan pada umumnya. Orang memuliakan Allah dengan bibirnya, tapi hati dan perbuatannya tidak sungguh mengasihi Allah. Setelah usai kebaktian mereka larut dalam kesenangan dosa dan memuaskan nafsu duniawi mereka. Begitu juga perilaku agama tertentu. Mereka merancang demo damai membela agama dan pemimpinnya dengan tema membenci dan melakukan kekerasan kepada sesamanya. Sangat mengerikan, sebab saudara kita itu berpikir sudah berbuat benar di jalan yang sesat. Khotbah yang menyejukkan hati penuh ujaran-ujaran kebencian yang propokatif.

Itu adalah kebutaan rohani dan penipuan diri. Ibadah kosong dan seremoninya palsu, dan doa hanya dihafalkan (Yes.29:13). Maka hikmat dan kearifan mereka akan Kucabut" (Yes.29:14). Lalu Tuhan melakukan hal-hal yang ajaib dan menakjubkan. Umat Allah akan tergiring jadi bangsa buangan, mulai dari orang berhikmat, bangsawan, orang kaya pemuka bangsa, hingga masyarakat biasa. Semua diangkut ke Babilonia. Hikmat dan kearifan mereka lumpuh total dan terhinakan. Mereka kembali ke titik nol yang membuat umat itu mulai menggali hikmat dan kemurnian Taurat Tuhan. Di masa pembuangan itu ternyata Tuhan menjadikan keajaiban yang menakjubkan bagi umat yang dikasihiNya. Amin.