running text

HORAS!!! SELAMAT DATANG DI BLOG HKBP SUTOYO; Jln. Letjend Sutoyo, Jakarta Timur - Indonesia

Kamis, 07 Desember 2017

"PENGURUS YANG BAIK" (Memaknai Kerja) Renungan Harian Pdt.Lucius T.B.Pasaribu, S.Th

"PENGURUS YANG BAIK" (Memaknai Kerja) 
1 Petrus 4:10, "Layanilah seorang akan yang lain, sesuai dengan karunia yang telah diperoleh tiap-tiap orang sebagai pengurus yang baik dari kasih karunia Allah".

Pemberian adalah tanggungjawab, demikian ungkapan orang Jerman ini diterjemahkan dari kata "Gabe itz aufgabe". Makna ungkapan ini sangat penting agar setiap orang memelihara dan melakukan tugasnya dengan baik penuh dengan tanggung jawab sebagai petugas yang baik. Jika Anda diberi tugas dan wewenang itu adalah amanah yang harus dipertanggung-jawabkan dengan baik. Dari ungkapan ini kita hendak diarahkan bahwa jabatan bukanlah kekuasaan tetap alat pelayanan yang diabdikan dengan penuh tanggungjawab demi kebaikan banyak orang.

Sejajar dengan itulah rasul Petrus mengingatkan jemaat mula-mula agar tugas dan tanggung jawab apapun yang dipercayakan kepada mereka di tengah-tengah masyarakat, pekerjaan dan persekutuan, mereka harus memaknainya sebagai pelayanan. Memang, jemaat mula-mula terdiri dari masyarakat awam,  mereka banyak dari kalangan budak, masyarakat marjinal dan yang  tidak terpandang, kalaupun ada beberapa di antara mereka yang terpandang masih relatif sedikit. Inilah kelebihan orang percaya memahami pekerjaan dibanding dengan lainnya. Rasul mengajarkan dan memberikan pembekalan sejak awal dan membedakan dengan orang lain bahwa apapun pekerjaan, professi yang mereka geluti dan tugas dan tanggung jawab yang mereka terima harus dipertanggungjawabkan dengan baik seperti seorang pengurus yang baik.

Renungan pagi ini mengingatkan kita akan tugas dan tanggung jawab kita. Apapun pekerjaan yang kita geluti pahamilah sebagai amanah yang harus dipertanggungjawabkan. Jadilah pengurus yang baik: pemberi motivasi, mengakomodir semua kepentingan dan melaksanakan tugasnya dengan baik. Dalam suatu organisasi pengurus yang baik sangat menentukan kemajuan organisasi yang dipimpinnya. Sebanyak apapun potensi sumber daya manusia dan sumber daya ekonomi suatu lembaga atau suatu organisasi, jika tidak dipimpin oleh pengurus yang baik akan mengalami kebangkrutan.

Berkaitan dengan mengelola pekerjaan dengan baik sebagai pengurus yang baik, sangat menarik apa yang disebutkan Jansen Sinamo, 8 Etos Kerja Kristiani :
ETOS 1, Kerja Adalah Rahmat: Bekerja Tulus Penuh Rasa Syukur
ETOS 2, Kerja Adalah Amanah: Bekerja Benar Penuh Tanggung Jawab
ETOS 3, Kerja Adalah Panggilan: Bekerja Tuntas Penuh Integritas
ETOS 4, Kerja Adalah Aktualisasi: Bekerja Keras Penuh Semangat
ETOS 5, Kerja Adalah Ibadah: Bekerja Serius Penuh Kecintaan
ETOS 6, Kerja Adalah Seni: Bekerja Cerdas Penuh Kreativitas
ETOS 7, Kerja Adalah Kehormatan: Bekerja Tekun Penuh Keunggulan
ETOS 8, Kerja adalah pelayanan: bekerja paripurna penuh kerendahan hati.


Pemahaman kerja yang harus dikelola sebagai pengurus yang baik akan menghasilkan buah yang optimal dan menjadi kesaksian bagi banyak orang. Jadilah pengurus yang baik! Dari hal kecil hingga hal besar. Yesus berkata : barang siapa setia dalam perkara kecil, Ia setia dalam perkara besar (Lukas 16:10a). Dalam berbagai hal kepemimpinan yang baik ditunjukkan dengan kepengurusan yang baik: bertanggungjawab, melayani dan rendah hati. Amin.