running text

HORAS!!! SELAMAT DATANG DI BLOG HKBP SUTOYO; Jln. Letjend Sutoyo, Jakarta Timur - Indonesia

Senin, 15 Mei 2017

"KESETIAAN ALLAH" Renungan Harian Pdt.Lucius T.B.Pasaribu, S.Th

KESETIAAN ALLAH

Mazmur 40:11 “Keadilan tidaklah kusembunyikan dalam hatiku, kesetiaan-Mu dan keselamatan dari pada-Mu kubicarakan, kasih-Mu dan kebenaran-Mu tidak kudiamkan kepada jemaah yang besar.”

Dalam dua terjemahan nas ini dikatakan “Ya Tuhan, Engkau tidak menahan belas kasihan-Mu kepadaku, kiranya kasih setia-Mu dan kebenaran-Mu selalu menjagaku.” Atau “Tuhan, janganlah berhenti mengasihani aku; lindungilah aku selalu dengan kasih dan kesetiaan-Mu.” Doa permohonan dari pemazmur, yang meminta agar Tuhan jangan menahan rahmatNya atau belas kasihanNya; tetapi kiranya kasih setia dan kebenaran Tuhan itu selalu menjagai, mengasihani, melindungi dan memelihara pemazmur.

Kesetiaan adalah sifat khusus Allah. Banyak nas menyatakan bahwa Allah itu setia. Setia memegang perjanjian dan kasih setiaNya terhadap umat pilihanNya, turun-temurun (Ulangan 7:9). Allah setia memanggil kita kepada persekutuan dengan AnakNya Yesus Kristus (1 Korintus 1:9). KesetianNya tidak tergantung kepada kesetiaan manusia. (2 Timotius 2:13). Kesetiaan Allah itu besar, agung dan selalu baru tiap pagi (Ratapan 3:22-23)

Allah setia berarti Dia dapat dipercaya, dapat diandalkan dan pasti menepati janjiNya. Kesetiaan dinyatakan dengan sungguh (1) Setia memelihara janji-Nya. (2) Setia memproteksi kita dari segala yang jahat. (3) Setia tidak membiarkan kita jatuh dalam pencobaan, dan jika itu terjadi, Tuhan akan menguatkan kita untuk menanggungnya. (4) Setia menyelamatkan kita dari kebinasaan. KesetiaanNya diwujudkan dalam mengampuni dan menguduskan kita dari segala dosa, agar kelak kita memperoleh hidup kekal.
Kesetiaan inilah menjadi tanda dan perilaku orang percaya.

Mari kita sambut kesetiaan Allah dengan senantiasa hidup setia dalam iman dan ketaatan dalam kasih dan dalam pengharapan kepada-Nya. “Like father, like son”, sebagaimana Bapa setia, kita pun patut setia dalam janji, pelayanan, bisnis, pendidikan, keluarga, bergereja, bernegara dan bermasyarakat serta dalam semua kehidupan yang kita jalani. Mari persembahkan kesetiaan itu bagi kemuliaan nama Tuhan Yesus. Amin.