running text

HORAS!!! SELAMAT DATANG DI BLOG HKBP SUTOYO; Jln. Letjend Sutoyo, Jakarta Timur - Indonesia

Sabtu, 06 Mei 2017

"PERCAYAKAN HIDUPMU PADA TUHAN" Renungan Harian Pdt.Lucius T.B.Pasaribu, S.Th

"PERCAYAKAN HIDUPMU PADA TUHAN"

1 Petrus 5:7 “Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu.”

Allah tidak pernah melalaikan umatNya. Ketika anak-anakNya mengalami permasalahan dan penderitaan, Allah akan segera menolongnya. Itulah kebenaran kasih setia Allah yang dinyatakan firmanNya, Dia selalu siap menopang dan menyelamatkan.

Ajaran ini dapat kita baca dari kesaksian Alkitab. “Sekalipun ayahku dan ibuku meninggalkan aku, namun Tuhan menyambut aku.” (Mzm 27:10), apabila ayah-ibu kita gagal mengasihi, Tuhan pasti akan bertindak (Mzm 37:5). Itu sebabnya kita patut menyerahkan semua kuatir kita kepadaNya sebab Ia memelihara dan tidak selama-lamanya Ia membiarkan kita goyah" (Mzm 55:23). Lebih konkrit Tuhan Yesus mengajarkan, bahwa Tuhan memelihara kita sebagai makhluk berharga. Dikatakan “…Dan kamu, rambut kepalamu pun terhitung semuanya… Janganlah kamu takut, karena kamu lebih berharga dari pada banyak burung pipit.” (Mat 10:29-31).

Nas ini mengimbau kita agar semua ketakutan, kekuatiran, dan keprihatinan itu kita serahkan sepenuhnya kepada Allah. Kita akan dapat membuktikan betapa hebat pemeliharaan Allah itu. Memang ada kalanya, kita ragu akan kepedulian Allah bagi kita. Para murid pun bertanya sama di saat gelombang dahsyat dan angin ribut hendak memecahkan perahu mereka; dan saat itu Yesus bersama mereka tertidur di buritan. “Engkau tidak perduli kalau kita binasa?” (Mrk 4:38). Inilah tuduhan keji kita kepadaNya: “Tuhan tidak peduli”. Jeritan yang sama kita teriakkan. Tuhan, apakah Engkau ada? Di manakah Engkau Tuhan? Apakah Tuhan meninggalkan kami?

Banyak gerutu yang kita lontarkan, seolah Dia pantas dimarahi. Namun Tuhan menjawab hal itu salah: Tentu saja Aku sangat peduli! Aku adalah Bapa yang peduli. Tuhan yang peduli akan kesengsaraan jemaat mula-mula, atas penganiayaan rasul-rasulNya, dan hingga sengsara kita kini. Dia peduli tiap detail masalah kita, kecil atau besar. Amin.