running text

HORAS!!! SELAMAT DATANG DI BLOG HKBP SUTOYO; Jln. Letjend Sutoyo, Jakarta Timur - Indonesia

Rabu, 20 September 2017

"KARYA ROH KUDUS" Renungan Harian Pdt.Lucius T.B.Pasaribu, S.Th

KARYA ROH KUDUS

Kisah Para Rasul 2:33, "Dan sesudah Ia ditinggikan oleh tangan kanan Allah dan menerima Roh Kudus yang dijanjikan itu, maka dicurahkan-Nya apa yang kamu lihat dan dengar di sini".

Teks renungan di pagi hari ini adalah bahagian dari khotbah rasul Petrus di hadapan tetua Yahudi dan penduduk Yerusalem. Mereka adalah kaum cerdik pandai atau cendikiawan Yahudi. Mereka terhasut dan bahkan nyinyir akan berita tentang kebangkitan Yesus Kristus. Mereka tidak percaya bahwa Yesus Kristus itu bangkit dan telah naik ke sorga. Dalam pasal 2 Kisah Para Rasul ada lagi berita mengejutkan:  murid-murid Yesus yang menerima pencurahan Roh Kudus. Roh Kudus berupa nyala api hinggap di atas para murid dan orang yang berkumpul di Yerusalem. Bukan hanya itu, sekalipun berbagai ragam suku bangsa yang hadir mereka dapat memahami dalam bahasanya sendiri. Inilah peristiwa yang menggemparkan penduduk kota itu. Atas kenyataan ini para tua-tua Yahudi tetap nyinyir dengan menuduh mereka itu mabuk anggur.

Atas sikap para tua-tua Yahudi dan penduduk Yerusalen yang tidak menyukai berita tentang Injil Yesus Kristus,  Rasul Petrus  yang dipenuhi Roh Kudus bangkit berkhotbah menyampaikan kebenaran dan menjelaskan apa yang sesungguhnya terjadi dengan kebangkitan Yesus Kristus hingga peristiwa turunya Roh Kudus. Petrus memberitakan Yesus adalah Anak Allah yang mereka buang, hingga dihukum mati di kayu salib. Namun Allah membangkitkan Dia dari kematian dan mengangkatnya duduk disebelah kanan Allah Bapak. Demikian dengan peristiwa turunnya Roh Kudus, semua itu adalah perbuatan Allah. Apa yang terjadi yang mereka lihat sendiri adalah karya Roh Kudus. Karya Roh Kudus itu nyata di dalam diri orang percaya.

Pertanyaannya adalah, bagaimana agar orang mengetahui bahwa Roh Kudus berkerja hingga saat ini melalui orang  percaya?  Inilah tugas kita saat ini, melalui hidup dan perbuatan kita orang lain dapat merasakan karya Roh Kudus. Melalui sikap, tutur kata dan buah-buah Roh yang diproduksikan oleh orang percaya dalam hidupnya dapat dilihat dan disaksikan oleh orang lain.

Melalui renungan di pagi hari ini,  kita diingatkan kembali akan tugas orang percaya, yakni dipanggil menjadi saksi Kristus (Kis 1:8). Saksi adalah sesuatu bukti yang nyata, yang dapat dilihat, dirasakan dan dialami oleh orang lain sebagai kebenaran. Kesaksian demikianlah yang kita produksikan dalam hidup ini. Amin