running text

HORAS!!! SELAMAT DATANG DI BLOG HKBP SUTOYO; Jln. Letjend Sutoyo, Jakarta Timur - Indonesia

Senin, 18 September 2017

"TETAP MELAKUKAN YANG TERBAIK" Renungan Harian Pdt.Lucius T.B.Pasaribu, S.Th

TETAP MELAKUKAN YANG TERBAIK

Lukas 12:48, "Tetapi barangsiapa tidak tahu akan kehendak tuannya dan melakukan apa yang harus mendatangkan pukulan, ia akan menerima sedikit pukulan. Setiap orang yang kepadanya banyak diberi, dari padanya akan banyak dituntut, dan kepada siapa yang banyak dipercayakan, dari padanya akan lebih banyak lagi dituntut."

Yesus sangat pintar dalam mempergunakan bahan pengajaranNya kepada murid-muridNya. Dia memakai apa yang dilihatNya menjadi ilustrasi dan apa yang dialami  dan umum di masyarakat dipergunakan sebagai bahan refleksi untuk menjelaskan perilaku dan sikap terhadap kerajaan Allah.

Renungan di pagi hari ini adalah contoh konkrit yang dialami oleh masyarakat umum tentang hamba. Umumnya seorang hamba diperintah dan disuruh baru bekerja, kalau tidak disuruh akan diam saja tak melakukan apa-apa. Apalagi kalau tuannya melakukan perjalanan jauh, maka ada saja sang hamba akan menjadi "tuan merdeka" karena tidak ada yang memerintah dan mengawasi pekerjaannya. Tidak melakukan tugasnya, bahkan memakai kesempatan untuk menindas sesama hamba, memaksa yang lain bekerja, sementara ia sendiri tak bekerja. Ketika tuannya kembali dia akan diminta pertanggungan jawab apa-apa saja yang dikerjakan. Hamba yang tidak bekerja tentu akan malu dan tidak dapat mempertanggung-jawabkan pekerjaannya. Dia akan mendapat hukuman; bisa dengan pukulan namun bisa pula dengan cambuk.  Ini suatu mentalitas yang kurang baik, kerja baginya belum dipahami sebagai rahmat, atau sebagai amanat. 

Demikian halnya dalam hidup orang beriman. Hidup ini adalah kepercayaan dan pertanggungan jawab. Tuhan telah memberikan kepercayaan bagi kita. Tuhan telah memperlengkapi dengan berbagai talenta. Yang melaksanakan tugas dan tanggung jawab akan memperoleh pujian dari tuannya, sebaliknya bagi orang yang tidak bertanggung jawab atas kepercayaan yang diberikan dia akan mendapat malu dan  hukuman.


Biasakanlah hidup yang penuh tanggung jawab. Anda bekerja bukan karena diawasi, tapi lakukanlah segala perkerjaanmu dengan penuh tanggung jawab dan hasilkan yang terbaik. Itulah sikap bekerja yang penuh amanah. Amin.