running text

HORAS!!! SELAMAT DATANG DI BLOG HKBP SUTOYO; Jln. Letjend Sutoyo, Jakarta Timur - Indonesia

Jumat, 29 September 2017

"MAKNA SEBUAH PERJALANAN" Renungan Harian Pdt.Lucius T.B.Pasaribu, S.Th

MAKNA SEBUAH PERJALANAN

Ulangan 8:2, "Ingatlah kepada seluruh perjalanan yang kaulakukan atas kehendak TUHAN, Allahmu, di padang gurun selama empat puluh tahun ini dengan maksud merendahkan hatimu dan mencobai engkau untuk mengetahui apa yang ada dalam hatimu, yakni, apakah engkau berpegang pada perintah-Nya atau tidak".

Kita semua pasti sudah mengetahui perjalanan bangsa Israel di padang gurun lewat pengajaran dan cerita-cerita Alkitab. Sungguh merupakan kisah yang menarik. Menurut Alkitab perjalanan di padang gurun memakan waktu selama empat puluh tahun (baca Kel 16:35). Bagaimana perjalanan dari Mesir ke Kanaan bisa 40 tahun? Bagi Anda yang pernah tourist ke Holy Land, ini hanya memakan waktu beberapa jam saja. Atau bacalah peta Alkitab Anda di bahagian belakang, coba lihat di mana Mesir dan di mana Kanaan, masa sejarak itu harus di tempuh dengan 40 tahun? Bukankah Tuhan itu penuh ajaib yang bisa dengan segera menghantarkan mereka ke Kanaan?

Renungan di pagi ini menjawab pertanyaan tersebut, mengapa jarak yang sedemikian pendek tersebut bangsa Israel harus menempuhnya selama 40 tahun. Jawabnya adalah Tuhan hendak membimbing, melatih, menempa dan membentuk umat Israel menjadi benar-benar umatNya; umat pilihan yang tangguh, mampu menghadapi berbagai tantangan. Umat pilihan yang rendah hati karena berbagai pengalaman pahit yang dilalui namun mereka merasakan pertolongan Tuhan dan hendak membentuk umatNya yang taat dan setia beribadah kepadaNya serta memelihara hukum atau perintah yang disampaikan oleh Allah di gunung Sinai.

Ada juga yang menyebutkan perjalanan bangsa Israel selama di padang gurun ibarat seorang cendikiawan yang memasuki suatu universitas, dibekali dari berbagai ilmu, keahlian dan berbagai petunjuk (guide line) yang akan dikerjakan untuk berkarya dan mengabdi di tengah-tengah masyarakat. Padang gurun adalah universitas kehidupan yang membentuk, menempa dan menjadikan bangsa Israel sebagai umat pilihan Allah.

Dalam banyak hal yang kita gumuli, sering kita berencana dalam hidup ini bagaimana cara yang mudah dan sederhana untuk sampai pada tujuan yang kita capai. Itu seturut dengan tuntutan jaman: efektif dan efisien. Itu baik, bagaimana kita mengambil jalan yang cepat dan tepat. Namun dalam banyak hal yang terjadi dalam hidup ini kita diperhadapkan dengan jalan sulit yang terpaksa harus berputar dan melelahkan. Jalanilah dengan mengambil semua makna dibalik semua itu.   Jikalau pun ada kesulitan seolah dalam banyak hal urusan Anda ribet dan tak tahu arah ke mana, jangan cepat berputus asa, jangan marah dan jengkel, sebab hal itu bisa mengerdilkan hati Anda. Dalam keadaan sulit, berbelit dan jalan berliku, jalanilah dengan tekun dan mengandalkan kekuatan dari Tuhan. Mintalah kekuatan dan pemeliharaan Tuhan agar dituntun sampai pada tujuan dan harapan Anda. Amin.