running text

HORAS!!! SELAMAT DATANG DI BLOG HKBP SUTOYO; Jln. Letjend Sutoyo, Jakarta Timur - Indonesia

Sabtu, 01 April 2017

"KASIH DAN PERINTAH ALLAH" Renungan Harian Pdt.Lucius T.B.Pasaribu, S.Th

KASIH DAN PERINTAH ALLAH

1 Yohanes 5:3, "Sebab inilah kasih kepada Allah, yaitu, bahwa kita menuruti perintah-perintah-Nya. Perintah-perintah-Nya itu tidak berat".

Orang yang jatuh cinta pasti menuruti apa yang diminta oleh sang kekasih. Pembuktian cinta sangat penting dengan kesetiaan dan komitmen. Itulah sebabnya jika seseorang mencintai sang kekasihnya dia akan membuktikan kata-katanya,  menepati setiap janji yang diucapkan dan berusaha membuat bahagia orang yang dikasihinya.

Analogi di atas sangat tepat untuk menjelaskan hubungan kasih Allah dan melakukan perintah Allah. Allah telah lebih dahulu mengasihi kita dengan mengutus Yesus Kristus. Pengorbanan kasih Yesus ditunjukkan lewat kesediaanNya hingga mati di kayu salib. Tiada kasih yang lebih besar dari mengorbankan diri sendiri untuk kebaikan orang lain. Itulah yang dilakukan oleh Yesus karena kasihNya yang besar untuk menyelamatkan manusia.

Apakah respon kita? Jawabnya: mengasihi Allah. Rumus membuktikan apakah kita sungguh-sungguh mengasihi Allah dijelaskan dalam renungan hari ini: melakukan perintah Allah. Yesus juga telah menyampaikan hal ini kepada murid-muridNya: "Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku" (Yoh. 14:15).

Menuruti segala perintah Allah adalah bukti komitmen, kesetiaan dan keteguhan hati untuk sungguh-sungguh hidup di dalam kasih Allah. Bagi penulis Yohanes sangat sederhana membuktikan apakah seseorang mengasihi Allah, yaitu dengan kasih terhadap sesama. Bagaimana mungkin seseorang mengasihi Allah yang tidak kelihatan namun tidak mengasihi saudaranya yang kelihatan. Jika dia membenci saudaranya, maka dia adalah pembohong (1 Yoh 4:20)

Inilah perintah Allah yaitu agar kita hidup di dalam kasih.  Kasih senantiasa harus melekat di dalam diri orang percaya karena menyadari bahwa hidup ini adalah kasih Allah maka kita harus mengasihi. Di mana ada orang-orang yang mengasihi Allah akan terpancar kasih sayang dan penuh damai sejahtera. Di mana ada anak-anak Tuhan, kasih akan mengalir, damai sejahtera berdiam di tengah-tengah persekutuan, jauh dari kebencian, permusuhan dan saling menggigit. Karena kasih lebih berkuasa di dalam hidup orang beriman.

Apakah perintah Allah yang harus kita lakukan hari ini? Yesus menginginkan kita untuk melakukan kasih. Buahkanlah kasih karena itu perintah Allah dimana pun dan kapan pun tanpa mengenal batas suku, ras dan agama. Agama tidak mengajar kita untuk membenci orang lain, justru memerintahkan kita untuk mengasihi sesama seperti mengasihi diri sendiri. Amin.