running text

HORAS!!! SELAMAT DATANG DI BLOG HKBP SUTOYO; Jln. Letjend Sutoyo, Jakarta Timur - Indonesia

Rabu, 17 Januari 2018

"KASIH KARUNIA ALLAH YANG NYATA" Renungan Harian Pdt.Lucius T.B.Pasaribu, S.Th

KASIH KARUNIA ALLAH YANG NYATA

Titus 2:11, "Karena kasih karunia Allah yang menyelamatkan semua manusia sudah nyata"

Hidup di dalam Kristus haruslah membawa perubahan nyata. Inilah yang ditekankan oleh Paulus kepada Titus agar sungguh-sungguh dalam pelayanannya melakukan pembinaan rohani dan tak jemu-jemu mengajar jemaat. Menerima Yesus Kristus sebagai Juruselamat harus diikuti dengan kesediaan meninggalkan hidup lama dan memasuki hidup baru di dalam kasih karunia Tuhan.

Jika kita baca nas sebelum renungan ini Paulus menjelaskan bahwa hidup yang menerima Yesus Kristus meliputi semuanya baik orangtua, perempuan dan pemuda serta hamba. Orangtua harus hidup sederhana, bijaksana, terhormat dan sehat dalam iman (2:2), perempuan harus bijaksana, beribadah dan menjadi guru bagi yang lain (2:3-4), orang muda harus menguasai dirinya, teladan dan hidup jujur dan tidak bercela (2:5-8) dan bagi para hamba harus hidup taat dan jangan curang (2:9-10). Aktifitas hidup semua orang percaya harus memuliakan nama Tuhan. Perubahan hidup mereka akan menjadi warna baru yang berdampak dalam dirinya, keluarga, lingkungan masyarakat dan dalam lingkungan kerjanya. 

Menurut catatan sejarah gereja, pola hidup gereja mula-mula yang demikian sangat berdampak pada penyebaran Injil. Penerimaan Injil memang banyak dipengaruhi oleh pemberitaan rasul-rasul, namun keberhasilan penginjilan sangat jauh dipengaruhi oleh gaya hidup gereja mula-mula yang telah menjadi teladan dalam perkataan, iman dan kasih. Setiap pribadi merasakan sebagaimana dikatakan Paulus dalam Galatia 2:20, "Namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diri-Nya untuk aku"

Bagaimana kita saat ini merasakan bahwa kasih karunia Allah telah nyata di dalam hidup kita? 
Hal pertama tentu kita harus memelihara iman kita yang menerima Yesus Kristus sebagai Juruselamat. Yesus adalah jalan yang ditentukan Allah agar kita menerima keselamatan. Tidak ada keselamatan yang ditetapkan Allah selain di dalam nama Yesus Kristus. Yesua Kristus adalah kasih karunia yang nyata bagi kita, setiap orang yang menerimanya memasuki hidup baru. 

Konsekwensi menerima Yesus Kristus  diikuti dengan kesediaan kita dididik dan bertumbuh di dalam Kristus. Titus 2:12-13, "Ia mendidik kita supaya kita meninggalkan kefasikan dan keinginan-keinginan duniawi dan supaya kita hidup bijaksana, adil dan beribadah di dalam dunia sekarang ini dengan menantikan penggenapan pengharapan kita yang penuh bahagia dan penyataan kemuliaan Allah yang Mahabesar dan Juruselamat kita Yesus Kristus".

Jika kita menyatakan kasih karunia Allah telah nyata di dalam Yesus Kristus, itu berarti secara bersama-sama setiap orang percaya harus  meninggalkan gaya hidupnya yang lama; iri, kebencian, kemunafikan dan segala bentuk dosa, kefaaikan dan segala keinginan-keinginan duniawi. Hidup di dalam kasih karunia berusaha membangun hidup positip, bijaksana, beribadah dan menunjukkan hidup mulia dengan melakukan hal berguna dan bermakna bagi orang lain, dalam keluarga, lingkungan pekerjaan lingkungan sekitar kita. Amin.