running text

HORAS!!! SELAMAT DATANG DI BLOG HKBP SUTOYO; Jln. Letjend Sutoyo, Jakarta Timur - Indonesia

Rabu, 03 Januari 2018

"MENJADIKAN SEGALA SESUATU BARU" Renungan Harian Pdt.Lucius T.B.Pasaeibu,S.Th

MENJADIKAN SEGALA SESUATU BARU

Wahyu 21:5, "Ia yang duduk di atas takhta itu berkata: "Lihatlah, Aku menjadikan segala sesuatu baru!" Dan firman-Nya: "Tuliskanlah, karena segala perkataan ini adalah tepat dan benar."

Semua kita pasti berharap dalam memasuki tahun baru ada perubahan dalam hidup kita: situasi baru yang menginspirasi, semangat baru, ekspektasi besar akan tahun yang akan kita jalani. Pada saat yang sama tentu kita menghendaki agar pengalaman-pengalaman buruk masa lalu hendaknya tinggal seturut waktu yang berlalu.

Setelah berlibur tahun baruan, Anda mungkin hari ini kembali melakukan tugas-tugas rutin dalam suasana hati yang baru. Awalilah aktifitas Anda dengan suasana gembira karena itu akan menjadi energi yang besar bagi kita menjalani tahun 2018 ini.

Renungan di pagi ini menjelaskan pada kita bahwa segala pembaharuan ada pada Tuhan sendiri. Tahun baru yang kita masuki adalah perbuatanNya. Kita tidak bisa berbuat apa-apa mengubah sesuatu, mengubah pengalaman buruk kepada pengalaman baru yang lebih baik tanpa campur tangan Tuhan. Allahlah yang menciptakan perubahan dalam hidup ini. Sebagaimana Allah mencipta, mengalahkan kegelapan dan menatanya dengan teratur dan indah. Sebelumnya dunia ini gelap dan kosong dan belum berbentuk apa-apa, namun Allah mencipta mengisi kekosongan itu dengan firman: jadilah terang, jadilah cakrawala, dst. Sehingga tertata dengan baik dan apa yang diciptakanNya itu tampak baik. Seluruh ciptaanNya baik dan teratur. Jadilah dunia baru; yang kita hidupi.

Demikian kita dalam menjalani tahunn 2018, banyak hal yang mungkin sulit kita pahami, banyak pekerjaan yang tidak jelas, kita semua meraba-raba dan menduga apa yang akan kita kerjakan sepanjang tahun ini. Apakah kekuatan kita untuk menata dan mengelola pekerjaan kita tahun 2018 ini? Tuhan bersabda: "Lihatlah, Aku menjadikan segala sesuatu baru." Sumber segala perubahan itu ada pada Allah sendiri. Maka kita semua dalam mengelola hidup kita sepanjang tahun 2018, biarkan Tuhan mengatur dan mengelola hidup kita agar kita dibimbing dan dikuatkan melakukan perubahan. Jangan mudah berputus asa, jika sesutau yang kita harapkan berlum terwujud, sabar dan tabah,  bertekun dalam penantian. Tuhan menolong dan menguatkan kita semua. Amin.