running text

HORAS!!! SELAMAT DATANG DI BLOG HKBP SUTOYO; Jln. Letjend Sutoyo, Jakarta Timur - Indonesia

Kamis, 11 Januari 2018

"TERANG YANG SESUNGGUHNYA" Renungan Harian Pdt.Lucius T.B.Pasaribu, S.Th

TERANG YANG SESUNGGUHNYA

Yohanes 1:9, "Terang yang sesungguhnya, yang menerangi setiap orang, sedang datang ke dalam dunia"

Anda kenal kunang-kunang? Binatang semacam kumbang yang memiliki sinar di malam hari pada bagian ekornya. Menurut catatan dari Wikipedia: Cahaya ini dihasilkan oleh "sinar dingin" yang tidak mengandung ultraviolet maupun sinar inframerah dan memiliki panjang gelombang 510 sampai 670 nanometer, dengan warna merah pucat, kuning, atau hijau, dengan efisiensi sinar sampai 96%. Mungkin binatang ini sudah sulit dikenal masyarakat kota karena peradaban kita makin maju dengan penemuan listrik. Namun jika Anda pecinta alam adalah kebahagiaan tersendiri jika dapat melihat kunang-kunang di tengah malam gelap. Selain indah, ini benar-benar menunjukkan begitu bermanfaatnya cahaya di tengah malam gelap. Kunang-kunang ini adalah satu contoh kecil bagaimana sinar yang dipancarkan sangat berguna menerangi sekitarnya. Cahaya kecil dapat menerangi menerangi kegelapan.

Cahaya yang menerangi kegelapan, itulah yang dideskripsikan oleh Injil Yohanes tentang kehadiran Yesus di dunia ini. Dunia ini telah dilingkupi kegelapan oleh karena dosa. Jika pada awal penciptaan dunia ini gelap gulita dan kosong menunjukkan essensinya yang masih gelap. Allah mengalahkan kegelapan dengan menciptakan terang dan mencipta dari yang tidak ada menjadi ada. Sama seperti Allah yang mencipta, Injil Yohanes menjelaskan kehadiran Yesus Kristus di dunia yang gelap. Oleh karena dosa dunia ini tidak mengenal lagi penciptaNya (Yoh 1:10-11). Maka dunia ini membutuhkan cahaya untuk menerangi hati dan pikiran yang gelap agar manusia dapat secara kreatif mengisi hidupnya yang bermakna dan menuju kepada kehidupan.

Yesus adalah Terang, bukan terang biasa namun benar-benar terang yang sesungguhnya yang akan mengusir dan menelanjangi kegelapan. Kegelapan membuat orang tak dapat melihat dan tak dapat berbuat apa-apa dan jika berjalan dalam gelap hanya meraba dalam suatu hal yang tidak pasti. Di sinilah kehadiran Yesus Kristus sebagai terang dunia. Yesus datang dan cahayaNya bersinar  sehingga setiap orang menyadari hidupnya dalam dosa dan kegelapan.

Terang yang sesungguhnya menunjukkan sesuatu yang asali. Mungkin saja ada sebelumnya yang menamakan diri "terang", namun sesungguhnya penipu yang menyesatkan orang lain.  Yesus adalah Terang yang sesungguhnya, terang dunia yang  bersinar sehingga orang dapat berjalan dalam jalannya sampai ke tujuan. Dapat Anda bayangkan jika seseorang berjalan tanpa cahaya. Tidak tahu bahaya, tak tahu ke mana arah dan tujuannya. Yesus Sang Terang dunia menunjukkan jalan, hidup dan kebenaran (Yoh 14:6) sehingga setiap orang dituntun sampai kepada Bapa. Yesus adalah Terang yang sesunguhnya memiliki kuasa mengusir kegelapan, segala kuasa bertekuk lutut di dalam nama Yesus Kristus. Tidak ada kuasa lain yang tidak dapat dikalahkan Yesus Kristus dari kehidupan kita pribadi lepas pribadi.  Dengan terang di dalam Yesus Kristus setiap orang dapat melihat secara jelas berbagai kelemahan hidupnya dan bergegas memperbaikinya. 

Tuhan Yesus Sang Terang dunia telah menyinari dunia ini. Marilah ikut hidup di dalam sinar terangNya. Ibarat mercusuar di pelabuhan, menjadi patron bagi kapal yang hendak berlabuh, lebih dari itu Yesus Kristus Sang Terang yang sesungguhnya menjadi pandu kita menuju kehidulan kekal. Mari sambut Yesus Kristus Sang Terang dunia menerangi jalan hidup kita menuju kehidupan yang kekal dan menerangi hati kita dari dosa dan kuasa gelap. Amin.