running text

HORAS!!! SELAMAT DATANG DI BLOG HKBP SUTOYO; Jln. Letjend Sutoyo, Jakarta Timur - Indonesia

Jumat, 26 Januari 2018

"ROH KEBENARAN" Renungan Harian Pdt.Lucius T.B.Pasaribu, S.Th

ROH KEBENARAN

Yohanes 16:13, "Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang".

Nas renungan pagi ini merupakan pesan-pesan terakhir Tuhan Yesus kepada murid-murid sebelum memasuki jalan salib.  Yesus membekali murid-murid agar mempersiapkan diri mengahadapi segala tantangan paska kematianNya. Mereka akan mendapat tantangan dari pemimpin-pemimpin dunia, ditolak, dikejar dan dianiaya hingga mati martyr. Segala kesulitan akan menimpa mereka. Sekalipun Yesus naik ke sorga, itu bukan berarti Dia meninggalkan para murid dan mereka menanggung sendiri atas semua penderitaan tersebut.  Sama sekali tidak.  Roh Kudus akan datang, Dia adalah Roh Kebenaran yang memimpin orang percaya hidup dalam kebenaran. Roh akan menghibur dan Roh akan membantu murid menghadapi tekanan. Roh Kudus memampukan orang percaya berpengharapan hingga pada kedatangan Yesus Kristus ke dunia ini.
Selengkapnya disebutkan dalam Yohanes 16:8-11, "Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman; akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku; akan kebenaran, karena Aku pergi kepada Bapa dan kamu tidak melihat Aku lagi; akan penghakiman, karena penguasa dunia ini telah dihukum".

Roh Kudus bukanlah pribadi yang pasif dalam hidup orang percaya, tetapi  proaktif menghibur orang percaya dalam segala kesesakan dan mengajar orang percaya untuk menyaksikan apa yang seharusnya dikatakan dalam menghadapi segala sesuatu, sebagaimana disrbut dalam Yoh 14:26, "Tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu". Hal ini penting karena murid-murid akan menghadapi pengadilan para penguasa dunia. Dalam semua itu, Roh akan membantu mereka menyaksikan apa yang seharusnya diucapkan. Jika dihadapkan dalam peradilan dan mahkamah, tak usah kecut dan tawar hati. Roh Kebenaran akan datang menolong dan membantu orang percaya menyatakan apa yang seharusnya diucapkan.

Ada hal luar biasa dari pekerjaan para rasul dan gereja mula-mula. Lihatlah Petrus, dia seorang nelayan, namun mampu berpidato yang luar biasa tentang kebenaran kitab suci. Khotbah dan pengajarannya lebih dari seorang rabbi Yahudi. Dia menjelaskan dengan baik tentang peristiwa kematian dan kebangkitan Yesus sebagai bukti pemenuhan janji Allah. Khotbah Petrus membuat orang banyak percaya (Kis Rasul 2). Paulus dalam berbagai sidang pengadilan bukan gelisah menghadapi tuduhan yang menyulitkan dia, tetapi menjadi kesempatan untuk memberitakan Injil Yesus Kristus. Semuanya itu karena pertolongan Roh Kudus.

Di sinilah letak kekuatan hidup orang percaya. Kita tidak bekerja sendirian, tetapi Allah sendiri bekerja di dalam diri kita melalui Roh, sebagaimana disebut falam Roma 8:26, "Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan.


Inilah yang harus kita yakini, bahwa Allah bekerja melalui Roh Kudus di dalam hidup kita. Sesulit apapun tantangan yang menimpa kita jangan takut. Tuhan menolong kita. Roh Kudus akan memimpin kita hidup dalam kebenaran. Amin.