running text

HORAS!!! SELAMAT DATANG DI BLOG HKBP SUTOYO; Jln. Letjend Sutoyo, Jakarta Timur - Indonesia

Jumat, 13 Juli 2018

Renungan Harian - “JANGANLAH KAMU MENGUMPULKAN HARFTA DI BUMI; DI BUMI NGENGAT DN KART MERUSAKNYA DAN PENCURI MEMBONGKAR SERTA MENCURINYA”


RENUNGAN HARIAN HKBP SUTOYO

Jumat, 13 Juli 2018

“JANGANLAH KAMU MENGUMPULKAN HARFTA DI BUMI; DI BUMI NGENGAT DN KART MERUSAKNYA DAN PENCURI MEMBONGKAR SERTA MENCURINYA”

 (Matius 6 : 19)

Syalom, bagi seluruh jemaat HKBP Sutoyo.  Salam dan doa kami dari pelayan  gereja HKBP Sutoyo. Selamat  beraktivitas , semoga hari ini Tuhan melindungi dan menyertai saudara-saudaraku seluruh jemaat HKBP Sutoyo.

Jemaat yang diberkati Tuhan !

Beberapa hari ini renungan kita  selalu bertemakan tentang materi, harta, dan uang. Sangat bagus tema kita hari ini ! Menjadi pertanyaan ? Apakah harta, materi, uang adalah prioritas utama dalam hidupmu ? Apakah harta telah membuat engkau bahagia. Apakah materi yang telah kita punya membuat engkau tersenyum sembari bersyukur pada Tuhan.  Harta dan materi atau uang adalah ciptaan  manusia. Segala ciptaan manusia ada limit atau batasnya, tidak pernah kekal. Missal uang cetakan tahun 1970 tidak berlaku lagi pasaran tahun 2018 ini, artinya apa yang manuisa ciptakan ada batasnya. Mobil, motor, pesawat, rumah, dll ada waktunya menjad barang rongsokan. Manusia disibukan  mencari barang rongsokan yang suatu hari itu akan menjadi sampah dan tidak memiiki nilai ketika waktu yang menentukan.  Hati-hati! Janganlah engkau disibukkan dengan hal-hal yag tidak kekal, yang tidak pernah membuat kita bahagia. Ingat hidup ini hanya sementara, jangan lupa bersyukur dan bahagia. Benar apa yang dikatakan orang “uamg bisa membeli segalanya, tetapi uang bukan segalanya.

Saudaraku yang kekasih !

Tuhan Yesus pernah mengajarkan “Carilah dahulu kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya akan ditambahkan kepadamu (Mat 6 : 33), Apa yang akan ditambahkan ? Orang banyak mengartikan yang ditambahkan adalah hal-hal yang materi. Bukan. Sekali lagi saya katakana bukan hal-hal yang materi saja, tetapi yang terpenting yang akan ditambahkan kepada kita  adalah kebahagiaan, rasa syukur, sukacita, damai sejahtera yang tidak dapat dibeli dengan harta atau uang.  Saya tidak benci materi, uang, harta itu merupakan sarana atau alat untuk mencapai sukacita dan damai yang dari Allah. Bila saudara memiliki materi atau harta, pakailah itu untuk kemuliaan Tuhan. Bersyukurlah  pada Tuhan ketika kita memiliki, jangan sombong, jangan angkuh, jangan merasa hebat, ingat itu semuanya adalah milik Tuhan. Kapan pun Tuhan bisa menambahkan pada orang apa  yang menjadi milikNya dan sebaliknya Tuhan juga bisa  mengambil kembali apa yang menjadi milikNya.



Saudaraku yang dikasihi Tuhan Yesus !

Marilah kita mengumpulkan harta Sorgawi dengan sarana dan alat yang kita miliki. Harta Sorgawi adalah keselematan, kebahagiaan, sukacita dan damai sejahtera. Orang yang selalu mengumpulkan harta dunia dan lupa mengumpulkan harta Sorgawi, dia termasuk orang yang penuh kekwatiran, ketakutan, kehausan dan kesepian dan juga kesedihan. Ingat, dunia tidak pernah menjanjikan keselamatan dan kebahgiaan yang abadi. Bila saudarara bahagia hari ini karena harta dan materi yang kita miliki, itu hanyalah sesaat.  Harta dunia  suatu saat bisa hilang, dicuri, rusak, hilah, hangus. Tetapi harta Sorgawi kekal sampai selama-lamanya.  Amin. Tuhan Yesus memberkatiMu. (Pdt. Bonar Napitupulu,S.Th)