running text

HORAS!!! SELAMAT DATANG DI BLOG HKBP SUTOYO; Jln. Letjend Sutoyo, Jakarta Timur - Indonesia

Rabu, 18 Juli 2018

Renungan Harian - “Harta yang cepat diperoleh akan berkurang, tetapi siapa mengumpulkan sedikit demi sedikit, menjadi kaya”.


Renungan Harian HKBP Sutoyo

Rabu, 18 Juli 2018

Amsail 13 : 11

📖
“Harta yang cepat diperoleh akan berkurang, tetapi siapa mengumpulkan sedikit demi sedikit, menjadi kaya”.

Akhir-akhir ini banyak pemberitaan di televisi mengenai tertangkap tangan oleh KPK para wakil rakyat dan juga para pejabat pemerintahan. Mereka adalah pelaku-pelaku korupsi.  Jumlahnyanya sangat fantasitis bisa mencapai ratusan juta bahkan milyarand rupiah. Mengapa ini bisa terjadi ?  Bukankah tunjangan dan gaji  bahkan fasilitas yang diberikan negara kurang ? Atau memang manusia pada umunya ingin cepat kaya ? Atau budaya malu di Indonesia sudah mulai terkikis ? Berhatihatilah jangan sampai harta itu membuat kita jatuh dan terjerumus.

Dalam buku Ende HKBP No 171 : 1 “Ia aek santetek na otik doi, Molo sai menetek mangalantap i” (artinya apa sedikit demi sedikit kelak akan menjadi bukit

Nats kita hari ini mengajak  agar kita bijak untuk mempergunakan harta atau uang yang ada pada kita. Budaya menyimpan dan menabung sudah diajarkan olek Alkitab, belajar kepada semut adalah pola hidup dan  kinerja yang sangat baik [Amsal  6 : 8 ], kita diajak untuk memperhatikan pola hidup semut dan harus bijak. Mengumpulkan jerih payah kerja kita sangat baik, untuk kebutuhan esok hari. Artinya orang kristen diajak untuk memiliki karakter menabung. Menabung adalah gambaran ketekunan dan kesabaran.

Kita sering secara tidak sabar menginginkan sesuatu yang besar. Kedagingan kita menginginkan serba cepat . Kita berdoa agar Tuhan memudahkan usaha kita, memberkati kita lebih banyak, dan menjauhkan kita dari segala kesukaran dan kerugian.



Nyatanya, hasil yang didapatkan dengan cara instan kebanyakan habis juga dengan cara instan. Firman Tuhan mengingatkan, "Siapa mengumpulkan sedikit demi sedikit menjadi kaya." Karena itu, kalau kita meminta sesuatu yang besar, tetapi Tuhan melatih ketekunan dan kesabaran kita untuk mendapatkannya, jalanilah dengan rela. Sekecil apa pun berkat yang kita terima setiap hari, syukuri dan kumpulkan. Yang terpenting bagi kita Yesus mengajarkan dlm Matius 7 : 7 – 8 adalah mau meminta, mencari, mengetok maka kita akan mendapat dan memperolehnya.

Tuhan bisa memberi dengan cepat atau lambat, jadi biarkan Dia memproses kita menurut kebaikan-Nya. Dia memberkati orang-orang yang mau berusaha dan mengumpulkan sedikit demi sedikit.

Bersyukurlah kalau Tuhan saat ini melatih kita bertekun dan bersabar melalui proses untuk mencapai tujuan yang besar. Dia tidak akan pernah terlambat memberikan berkat pada waktu yang terbaik bagi kita. Tuhan Yesus memberkatimu. Amin.

(Pdt. B. Napitupulu STh.)