running text

HORAS!!! SELAMAT DATANG DI BLOG HKBP SUTOYO; Jln. Letjend Sutoyo, Jakarta Timur - Indonesia

Rabu, 25 Juli 2018

Renungan Harian - Kuasai lah dirimu untuk tidak jatuh dalam pencobaan.

Selamat pagi selamat berjumpa kembali amang inang dan salam terkasih dalam nama Tuhan kita Yesus Kristus. Nats Renungan buat kita hari ini Rabu tgl 25 Juli 2018 diambil dari Titus 2:6 Demikian juga orang-orang muda; nasihatilah mereka supaya mereka menguasai diri dalam segala hal

Thema:
Kuasai lah dirimu untuk tidak jatuh dalam pencobaan.

     Semua kita mempunyai kewajiban dan tanggung jawab, tanpa kecuali. Apakah dia tua, muda atau hamba. Namun semuanya harus mampu untuk menguasai dirinya sesuai dengan profesi atau talenta yang dia miliki. Dilakukannya itu semua supaya jangan jatuh dalam pencobaan yaitu kesombongan dan ketidak pedulian terhadap orang lain.  Oleh karena itulah maka Paulus mengatakan kepada Titus agar dia menekuni sesuai dengan ajaran yang sudah di milikinya yaitu untuk memberitakan keselamatan yang daripada Yesus Kristus. Diberitakan itu dan bukan hanya kepada orang tua saja tetapi juga kepada orang muda dan para hamba. Diberitakan itu supaya saling menghormati dan menghargai yang satu dengan yang lain karena semuanya itu adalah sama dihadapan Allah.

     Janganlah ada yang menganggap karena dirinya muda maka tidak bisa menahan diri atau mudah tersinggung dan emosi. Dan sebaliknya jangan menganggap karena dia sudah dewasa dari sudut usia maka bisa mengkontrol untuk tidak tersinggung dan emosi. Siapapun dia dan yang bagaimanapun dia dapat melakukan yang dikehendaki oleh Tuhan asalkan mengetahui dan menyadari tentang kewajiban dan tanggung jawabnya.



     Yang perlu kita renungkan melalui nats ini adalah; sudahkah kita dapat menguasai diri dalam usia yang diberikan oleh Tuhan kepada kita? Atau bukankah karena dewasa dari sudut umur maka dapat menguasai dirinya untuk tidak jatuh dalam pencobaan? Pahamilah bahwa tua, muda dan hamba itu tidaklah penghalang untuk melakukan yang terbaik untuk Tuhan. Semakin kita merasakan pemberian Tuhan semakin nyatalah kuasaNya didalam hidup kita. Dan semakin nyata jugalah kasih setiaNya kepada kita. Oleh karena itu lakukanlah yang baik agar perbuatan baik itu menjadi nasihat dan menyadarkan dirinya untuk mengenal Tuhan Yesus juruslamat dunia. Kiranya Tuhan senantiasa menyertai dan memberkati kita semua dalam segala kegiatan kita setiap harinya. Selamat berkarya. Amin.(Pdt. N.P. Nainggolan). Immanuel)