running text

HORAS!!! SELAMAT DATANG DI BLOG HKBP SUTOYO; Jln. Letjend Sutoyo, Jakarta Timur - Indonesia

Selasa, 24 Juli 2018

Renungan Harian


RENUNGAN JEMAAT HKBP SUTOYO, 24 JULI 2018

Dan prajurit-prajurit bertanya juga kepadanya: “ Dan kami, apakah yang harus kami perbuat?” Jawab Yohanes kepada mereka: “ Jangan merampas dan jangan memeras dan cukupkanlah dirimu dengan gajimu” ( Lukas 3:14 )

Jemaat yang dikasihi Tuhan Yesus Kristus...
Selamat Pagi dan Shalom untuk kita semua, kita berjumpa lagi dalam sapaan Firman Tuhan hari ini dari Lukas 3:14. Pada bagian bait ke dua dalam Doa Bapak kami dikatakan “ berikanlah kami makanan yang secukupnya.Rasa cukup adalah keadaan seseorang yang mampu menerima dan mensyukuri akan keadaannya. Rasa cukup adalah aplikasi Iman. Seseorang tidak akan pernah merasa cukup jika tidak dikuasai iman yang teguh akan pemeliharaan Allah. Ayat renungan ini secara khusus menyebut gaji. Lukas mencatat langsung ketika Yohanes sedang menghadapi beberapa pertanyaan dari prajurit Roma setelah dia selesai berkhotbah kepada mereka. Makanya Yohanes menyebut gaji karena orang-orang yang sedang dihadapi adalah orang-orang yang mendapt imbalan setiap bulan. Firman Tuhan sebagai pegangan dalam hidup kita yang mengarahkan hidup kita agar tidak kehilangan petunjuk. Mengapa demikian karena banyak orang dalam perjuangan hidup ini dalam mata pencaharian yang berbeda-beda, dengan pendapatan yang berbeda baik itu jumlah maupun jenisnya. Kebutuhan dan keinginan yang terus meningkat dan bertambah membuat banyak orang terlilit hutang dan bangkrut. Gaya hidup modernisme yang terus meningkatkan kebutuhan akan alat-alat teknologi dan kebutuhan untuk dapat menikmati fasilitas-fasilitas yang terus menerus diperbaharui, membuat banyak orang merasa hidup didalam kekurangan.



Jemaat yang dikasihi Yesus Kristus...
Yohanes mendorong,bahwa setiap orang harus belajar dan mencukupkan diri berdasarkan gaji dan berkat yang diterimanya.Mencukupkan adalah latihan diri untuk dapat mengendalikan keinginan diri. Dalam Ibrani 13:5 “ Janganlah kamu menjadi hamba Uang dan cukupkanlah dirmu dengan apa yang ada padamu. Karena Allah telah berfirman: Aku sekalikali tidak akan membiarkan engkau dan Aku akan Aku sekalikali tidak akan meninggalkan engkau” ( Ibrani 13:5 ). Nasehat Firman Tuhan ini memang sangat kontemporer. Jika tidak mampu mencukupkan diri dengan gaji atau denga apa yang ada, inilah yang mendorong seseorang untuk merampas,memeras atau korupsi istilah sekarang ini. Karena itu kita dipanggil dan menerapkan potensi dan karunia yang kita peroleh untuk dapat mencukupkan diri kita. Tuhan Yesus Memberkati. HPS