running text

HORAS!!! SELAMAT DATANG DI BLOG HKBP SUTOYO; Jln. Letjend Sutoyo, Jakarta Timur - Indonesia

Selasa, 31 Juli 2018

Renungan Harian


Renungan Jemaat HKBP Sutoyo
31 Juli 2018

“ Aku menjawab: Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah” ( 1 Korintus 10:31 )

Jemaat Yang dikasihi Tuhan Yesus Kristus....

Selamat Pagi., Kita berjumpa lagi Renungan pagi hari ini. Firman Tuhan pada pagi hari ini mengingatkan kita, apapun yang kita perbuat dalam hidup ini, hendaknya apa yang kita lakukan itu hanya untuk kemuliaan Allah saja. Tidak peduli walaupun sekecil apapun bagian yang sedang kita kerjakan atau perbuat, mari kita lakukan hal itu dengan segenap hati dan mempersembahkan itu hanya untuk kemuliaan-Nya saja. Allah tidak akan melihat seberapa kecil atau besar hal yang kita lakukan, namun Dia melihat kesungguhan dan ketulusan kita dalam mengerjakannya.



Bapak/ Ibu yang dikasihi Tuhan Yesus Kristus ...
Mengerjakan hal kecil namun dengan sungguh-sungguh dan memuliakan nama-Nya jauh lebih berharga daripada melakukan pekerjaan besar namun tidak berkenan di hadapan-Nya. Tujuan dan sasaran dari hidup kita terhadap yang kita miliki Sehingga apapun yang kita perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan. Paulus mengingatkan orang-orang di Korintius dan kita saat ini agar bersungguh-sungguh hidup didalam kasih, Karena kasihlah sebagai bentuk dari iman kepada Yesus  Kristus. Ketika ada beberapa jemaat atau orang percaya di Korintus secara ekonomi sejahtera dan secara struktural sosial sudah membaik. Mereka berpesta pora dan menghamburkan makanan mereka, sementara ada kelompok orang Kristen Yahudi sedang mengalami kemiskinan. Makanan dan minuman dan jabatan yang dimiliki oleh beberapa orang Kristen di Korintus dengan sengaja merendahkan orang-orang yang tidak makan.  Menarik juga perkataan Paulus ini. Bahkan, hal paling sederhana sekalipun, seperti makan dan minum, juga dapat memuliakan nama Tuhan. Bagaimana cara kita makan dan minum membuat nama Tuhan dikenal? Yakni jika kita menerima berkat Tuhan dengan mengucap syukur sebelum makan, dan dengan menikmatinya secukupnya, tidak berlebihan atau serakah. Demikian pula dalam aktivitas keseharian lain, kita dapat mengagungkan Tuhan dengan mengingat Dia yang selalu terlibat di hidup kita.Ketika dijalani, hidup memuliakan Tuhan tidaklah serumit yang kita pikirkan. Memuliakan Tuhan bukan hanya dengan menyanyi di gereja atau pergi menjadi utusan Tuhan ke tempat yang jauh. Apabila hal-hal sederhana yang kita lakukan dan tunjukkan, menyatakan bagaimana kita hidup mengandalkan Tuhan dalam perkara hidup sesehari, maka nama Tuhan kita dapat dikenal orang, dan kita memuliakan Tuhan. Kita adalah cermin Allah jadi Allah-lah yang harus tampak dalam hidup kita.

Pdt. H.P Simbolon