running text

HORAS!!! SELAMAT DATANG DI BLOG HKBP SUTOYO; Jln. Letjend Sutoyo, Jakarta Timur - Indonesia

Jumat, 30 Juni 2017

"BERLOMBA DENGAN TEKUN" Renungan Harian Pdt.Lucius T.B.Pasaribu, S.Th

BERLOMBA DENGAN TEKUN

Ibrani 12:1, "Karena kita mempunyai banyak saksi, bagaikan awan yang mengelilingi kita, marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan tekun dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita"

Hidup orang Kristen diibaratkan seperti lomba. Semua harus berlomba dalam perjuangan iman menuju garis finish: yaitu kedatangan Kristus kedua kali yang memberikan mahkota kehidupan. Itulah sebabnya penulis surat Ibrani mengajak: marilah berlomba dengan tekun! Suatu ajakan bagi jemaat mula-mula agar sabar dan bertekun menghadapi tekanan. Mereka mengalami penderitaan dari pemerintahan Romawi, dikejar-kejar, dianiaya dan tidak sedikit dari antara jemaat mula-mula yang mati martyr.  Tetapi dari semua itu tetaplah bertekun.

Penulis Ibrani memberikan contoh dalam pasal 11 tentang pengalaman beberapa tokoh Alkitab sebagai saksi-saksi iman bahwa dengan bertekun menghantarkan mereka menang mengatasi pergumulan. Ibarat lomba, tak akan mungkin meraih mahkota kemenangan jika tidak berusaha sampai di garis finish menyelesaikan perlombaan. Seorang atlet harus mempersiapkan diri sebelum lomba, bertahan dari rasa lelah dan harus berjuang dari berbagai kompetitornya. Itu HAL PERTAMA yang menjadi pesan nas renungan ini.

HAL KEDUA dari renungan pagi ini adalah kesusahan akan berlalu seperti awan. Semua kita tahu bahwa awan hitam memang akan membuat kelam. Awan hitam sebagai penanda hujan. Namun habis hujan awan hitam  segera berlalu, dia tak selamanya meliputi, akan ada waktunya awan tersisih dan mentari bersinar terang.

Demikianlah orang percaya merayakan kemenangan iman. Jika ada pergumulan jangan berputus asa. Memang terkadang kita harus bergumul bahkan harus berurai air mata mengahadapi segala pergumulan dan beban menimpa. Namun tetaplah semangat dan bertekun hingga sampai di garis finish kemenangan. Amin.