running text

HORAS!!! SELAMAT DATANG DI BLOG HKBP SUTOYO; Jln. Letjend Sutoyo, Jakarta Timur - Indonesia

Sabtu, 10 Juni 2017

"TIADA YANG BAIK SELAIN ENGKAU" Renungan Harian Pdt.Lucius T.B.Pasaribu, S.Th

"TIADA YANG BAIK SELAIN ENGKAU"

Mazmur 16:2 , "Aku berkata kepada TUHAN: Engkaulah Tuhanku, tidak ada yang baik bagiku selain Engkau!"

Mazmur ini sangat indah dan mengugah hati. Sangat mesra dan diungkapkan dari lubuk hati yang terdalam. Seperti ungkapan seorang kekasih yang jatuh cinta pada buah hatinya. Sekalipun beribu wanita cantik namun hanya satu yang ada di hatinya. Ini nyata dalam kehidupan kita bahwa kata hati tak bisa ditutupi.

Demikian mazmur ini dari Daud, suatu pengakuan yang sangat jujur dari lubuk hati terdalam. Daud telah banyak mengalami kebaikan dalam hidupnya; tidak diperhitungkan di kalangan keluarga namun diurapi menjadi raja (baca kisah pemilihan Daud 1 Sam 16:1-13). Daud telah mengalami bagaimana Tuhan memelihara dan menjaga dirinya dari berbagai kebencian dan pengejaran Saul. Selama menjadi raja dia meraih keberhasilan demi keberhasilan. Dari semua pengalamannya itu raja Daud mengakui hanya satu kebaikan yaitu Allah sendiri. Tidak ada kebahagiaan dan kebaikan selain dari pada Tuhan.  Itulah sebabnya Daud sangat memimpikan membangun Bait Allah bagi Tuhan, seperti yang ia katakan di Mzm 84:10, "Sebab lebih baik satu hari di pelataran-Mu dari pada seribu hari di tempat lain; lebih baik berdiri di ambang pintu rumah Allahku dari pada diam di kemah-kemah orang fasik".

Pengakuan seperti Daud ini tentu lahir dari perasaan langsung darinya atas pengalaman-pengalaman hidupnya. Daud memelihara hubungan yang baik dengan Tuhan melalui ibadah-ibadah hariannya. Hari berlalu tidak lengkap jika tidak berdoa dan bermazmur bagi Tuhan. Minggu-minggu yang dilalui serasa hampa jika tidak menghadap hadirat Tuhan melalui ibadah. Beribadah dan berdoa menjadi habit dalam hidupnya.

Dalam pengalaman rohani jemaat ada juga pengakuan semacam ini. Orang yang telah melatih dirinya beribadah harian, hari akan hampa jika tidak beribadah atau melakukan saat teduh. Rohnya mencari-cari sesuatu yang kurang dalam satu minggu ketika dia absen beribadah. Ibadah telah menjadi kebutuhan utama dalam hidupnya.

Tiada kebaikan di dunia ini selain Engkau, renungan ini juga mengajarkan pesan moral yang sangat berharga. Berkerja dan berkaryalah menurut kehendak dan petunjuk Tuhan. Jangan mengambil berkat orang lain dengan mencuri dan korupsi. Namun bahagialah dengan hasil kerja sendiri dan buah tangan dari karya dan pekerjaan kita. Itulah berkat paling berharga dan membahagiakan sebagaimana dalam Mazmur 128:1-2 "Nyanyian ziarah. Berbahagialah setiap orang yang takut akan TUHAN, yang hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya!
Apabila engkau memakan hasil jerih payah tanganmu, berbahagialah engkau dan baiklah keadaanmu!"

Oleh karena itu, prinsip dalam Mzm 16:2 ini sangat baik kita teladani bahwa tiada kebaikan dan kebahagiaan dalam hidup ini selain dari pada Tuhan. Amin.