running text

HORAS!!! SELAMAT DATANG DI BLOG HKBP SUTOYO; Jln. Letjend Sutoyo, Jakarta Timur - Indonesia

Rabu, 14 Juni 2017

"PERAN ROH DALAM KELUH YANG TAK TERKATAKAN" Renungan Harian Pdt.Lucius T.B.Pasaribu, S.Th

"PERAN ROH DALAM KELUH YANG TAK TERKATAKAN"

 Roma 8:26, "Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan".

Sebelum Yesus naik ke surga, Dia memberikan nasihat kepada murid-murid, tidak usah bersedih atas kepergianNya karena Roh Kudus yang disebut Penolong akan datang untuk mengajari, menghibur dan memberikan kekuatan  kepada para rasul (Baca Yoh 14:26).

Seturut dengan itu pula Paulus dalam Roma 8 ini mengajarkan peran Roh Kudus yang memerdekakan dan menuntun orang percaya kepada kehidupan yang kekal. Roh Kudus yang telah tinggal di dalam diri orang percaya membantu kita memahami apa yang terjadi dalam kehidupan ini dan membantu kita untuk berdoa kepada Allah dalam kesulitan atau keluhan-keluhan
 yang tidak terkatakan. 

Apa yang dimaksud dengan keluhan-keluhan yang tidak terjatakan? Ada kalanya kita terdiam dan termenung melihat peristiwa yang dialami oleh seseorang. Lihatlah misalnya pengalaman-pengalaman yang menggetarkan hati seperti Ayub, coba kita bayangkan dalam hitungan menit hartanya, ternaknya dan hasil ladang habis seketika, belum lagi sempat memikirkan kerugian materi datang laporan dia kehilangan anak-anaknya. Ada kisah seorang yang tidak berterima atas kejadian yang menimpa keluarganya. Bagaimana tidak, pagi-pagi seorang ibu memberangkatkan suaminya dan anaknya sport pagi namun hitungan menit ada berita suaminya dan tiga anaknya meninggal ditabrak lari. Mungkin masih banyak kisah pahit yang dialami oleh seseorang dalam hidupnya yang sulit dikatakan dan diungkapkan secara kata-kata dan jika itu diceritakan hanya akan berurai air mata yang menyedihkan. Dalam keadaan demikianlah Paulus menjelaskan bahwa Roh kudus menolong kita dalam kelemahan kita, Roh Kudus membantu kita berdoa kepada Allah akan keluhan-keluhan yang tidak terkatakan. Sepahit apapun keluh yang kita alami, Tuhan menolong dan memampukan kita menghadapinya. 

Inilah peran Roh Kudus yang membuat orang percaya mampu memahami keadaan sulit yang dihadapi dan mengatasi keluhan-keluhan yang tidak terkatakan. Roh membantu kita mencari kehendak Allah di balik penderitaan. Bila topan keras melanda hidupmu, bila putus asa dan letih lesu, biarlah Roh membantu dan membimbing memahami semuanya. Bila terjadi keluhan yang  sulit diterima oleh akal, bagai petir di siang bolong menyambar dan merampas suka cita dan kebahagaian dari hidupmu, jangan sesat seperti orang yang tidak berpengharapan. Roh Kudus memampukan kita menjalaninya dan Tuhan mengembalikan sukacitamu berlipat ganda seperti pengalaman Ayub. Amin.