running text

HORAS!!! SELAMAT DATANG DI BLOG HKBP SUTOYO; Jln. Letjend Sutoyo, Jakarta Timur - Indonesia

Minggu, 25 Juni 2017

"HIDUP DI DALAM ANUGERAH" Khotbah Minggu II Dung Trinitatis, 25 Juni 2017 Pdt.Lucius T.B.Pasaribu, S.Th

HIDUP DI DALAM ANUGERAH
Nas Khotbah: Roma 6:1-12
Minggu II setelah Trinitas, 25-06-2017

Firman Tuhan pada Minggu hari ini sangat istimewa karena mengingatkan kita akan anugerah yang besar dan mahal. Di dalam Yesus Kristus, Allah telah menyeberangkan kita dari kutuk dosa kepada anugerah. Itulah pembenaran: manusia berdosa yang dibenarkan. Paulus menjelaskan dengan mudah akan makna baptisan. Di dalam  baptisan kita telah ikut di dalam kematian dan kebangkitan Kristus.

Ada beberapa pelajaran penting yang dapat kita petik dari nas khotbah ini:

(01)  HIDUP INI ADALAH ANUGERAH.
Inilah yang harus kita syukuri bahwa kita telah hidup di dalam anugerah. Allah telah membenarkan manusia berdosa di dalam diri Yesus Kristus.  Kita telah  memperoleh jalan masuk kepada kasih karunia. Oleh satu Adam, dosa telah memasuki kehidupan manusia,  diasingkan dari Taman Eden, menderita oleh hukuman atas dosa. Namun kasih karunia Allah di dalam Yesus Kristus kita telah memperoleh keselamatan; diseberangkan dari kutuk kepada berkat, hamba dosa menjadi hamba Kristus.  Di dalam Yesus Kristus kita dirangkul dalam kasih karuniaNya (Roma 5:17-18).

(02)  KEMATIAN KRISTUS: MENGUBURKAN MANUSIA LAMA. Hal ini memberikan kekuatan bagi kita untuk melawan kuasa dosa. Kuasa dosa telah dikalahkan oleh Yesus Kristus melalui kematian dan kebangkitannya (band.   1 Kor. 15:54-55).

Kuasa dosa telah dikalahkan oleh Kristus maka dosa tidak berkuasa lagi atas hidup kita. Kita memiliki kekuatan untuk melawan si jahat. Kematian Kristus telah menguburkan segala perbuatan dosa, perbuatan daging dan segala yang mengikat kita kepada dosa. Kita telah mati bersama-sama Kristus karena itu dosa tidak berkuasa lagi atas hidup kita. Itulah sebabnya Paulus mengatakan agar jangan menyerahkan anggota tubuhmu untuk senjata kelaliman, namun pergunakanlah untuk kemuliaan Allah (Rom 6:13)

(03)  KEBANGKITAN KRISTUS: SEMANGAT BARU, HIDUP BARU YANG BERPENGHARAPAN DAN MEMULIAKAN ALLAH. Allah telah membangkitkan Yesus Kristus kepada kehidupan yang dimuliakan. Melalui kebangkitanNya, Adam lama telah diperbaharui. Citra Allah di dalam diri manusia yang telah rusak akibat dosa telah dipulihkan oleh Allah.

Kebangkitan Kristus membuka harapan baru bahwa hidup ini tidak berakhir kepada kematian namun jalan masuk kepada kehidupan yang kekal.  Kebangkitan Kristus mengangkat hidup yang fana kepada hidup yang mulia. Hidup ini adalah kesemapatan mempersembahkan diri demi kemuliaan bagi Allah.

Kebangkitan Kristus membuktikan bahwa  kematian tidak dapat menghentikan pelayanan Kristus, tetapi akan terus menerus ada di dunia ini melalui pengutusan dan karya-karya orang percaya.

Selamat merayakan kemenangan di dalam kematian dan kebangkitan Kristus. Hidup ini adalah anugerah. Mari persembahkan yang terbaik demi kemuliaan nama Tuhan.