running text

HORAS!!! SELAMAT DATANG DI BLOG HKBP SUTOYO; Jln. Letjend Sutoyo, Jakarta Timur - Indonesia

Jumat, 04 Agustus 2017

"Menang Atas Nama Kuasa Tuhan" Renungan Harian Pdt.Lucius T.B.Pasaribu, S.Th

DAUD VS GOLIAT
Menang Atas Nama Kuasa Tuhan

1 Samuel 17:45, "Tetapi Daud berkata kepada orang Filistin itu: "Engkau mendatangi aku dengan pedang dan tombak dan lembing, tetapi aku mendatangi engkau dengan nama TUHAN semesta alam, Allah segala barisan Israel yang kautantang itu".

Banyak inspirasi dari kemenangan Daud atas Goliat. Siapa sangka Goliat bertubuh tinggi 6 hasta satu jengkal (1 hasta = 45cm), berarti tinggi Goliat kurang lebih 3 meter; manusia raksasa ini tumbang di tangan deorang Daud tingginya dibawah rata-rata. Daud tampil hanya dengan umban sementara Goliat lengkap dengan pedang, perisai, ketopong dan perlindungan perang. Semua orang Israel telah lari ketakutan atas teriakan Goliat yang menantang Israel. Saul sendiri gemetar, padahal dialah yang paling piawai dari kalangan Israel dan dasar menetapkannya menjadi raja.

Atas kisah Daud mengalahkan Goliat ini, penulis terkenal Malcolm Gladwell menuliskan buku yang sangat terkenal menerapkannya dalam strategy managemen kehidupan Daud menang atas Goliat. Kita sering berpikir Goliat menjadi raksasa atas kompetitor kita. Gladwell membuat contoh seorang siswa SMU yang berprestasi di sekolahnya terobesi menjadi orang hebat dengan masuk ke universitas terkenal. Akan tetapi sampai di sana ia tenggelam di tengah-tengah mahasiswa yang sama-sama brillian dan hebat. Itu juga sama dengan ikan besar ditempatkan di kolam besar akan kelihatan ikan yang biasa diantara ikan-ikan besar lainnya. Namun akan sangat berbeda jika ikan besar itu ditempatkan di kolam kecil, satu-satunya ikan besar akan menjadi pusat perhatian yang mempesona. Demikian dengan pengalaman seorang pelukis yang hampir stress karena karya lukisannya selalu ditolak oleh panitia seleksi untuk dipajang dalam pameran lukisan tahunan. Namun akhirnya membuka galeri sendiri dan hasilnya luar biasa. Banyak pengunjung melihat lukisannya dan sangat banyak orang yang mau membeli melebihi harga yang dijual di galeri nasional Francis. Itulah buku Malcolm Gladwell terinspirasi dari kisah Alkitab tentang Daud melawan Goliat. Dalam bukunya ia mencoba menawarkan alternatif dari strategi managemen dalam hidup agar tidak stress dalam dunia persaingan, sebab akan ada ruang-ruang yang dapat kita menangkan; sekaligus menasihatkan jangan sepele akan hal-hal kecil dan sederhana yang dapat menumbangkan raksasa.

Renungan pagi ini merupakan kisah kemenangan Daud atas Goliat bukanlah karena adu kekuatan strategy, namun hal yang kita lihat dalam kisah Daud vs Goliat adalah perihal kuasa Tuhan yang memenangkan umatNya atas arogansi Goliat. Jika Goliat mengandalkan kebesaran tubuhnya, kekuatan fisiknya, kehebatan perlengkapan senjata perangnya dalam berperang melawan bani Israel, Daud tampil dengan persenjataan yang ada padanya hanya dengan umban, tanpa peralatan perang dan tanpa kekuatan fisik yang diandalkan. Namun karena berjalan di dalam nama Tuhan dan berperang melawan Goliat di dalam kuasa Tuhan, raksasa itu pun tumbang. Daud memenangkan pertarungan ini. Alkitab menjelaskan yang menang bukanlah Daud, namun Tuhan, Allah Israel yang kuat yang melindungi dan memelihara umatNya.

Kisah Daud menang atas Goliat adalah inspirasi dan motivasi bagi kita dalam hidup ini. Jangan merasa kecut dan tawar hati karena menganggap diri kecil dan tak berharga. Jalani hidup ini dalam barisan Allah, andalkan Dia dalam segala hal sebagaimana pesan Amsal 3:5, "Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri." Berjalanlah dalam nama Tuhan, Dia akan memberi kemenangan. Amin.