running text

HORAS!!! SELAMAT DATANG DI BLOG HKBP SUTOYO; Jln. Letjend Sutoyo, Jakarta Timur - Indonesia

Sabtu, 12 Agustus 2017

"LANGIT DAN BUMI AKAN BERLALU" Renungan Harian Pdt.Lucius T.B.Pasaribu, S.Th

LANGIT DAN BUMI AKAN BERLALU

Lukas 21:33, "Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu."

Dunia ini akan lenyap dengan segala kemegahannya. Jika demikian mengapa harus mengejar kenikmatan dunia ini? Dunia ini sementara, kita akan memasuki kehidupan kekal yang abadi. Itulah sebabnya penulis Ibrani mengatakan, "Sebab di sini kita tidak mempunyai tempat tinggal yang tetap; kita mencari kota yang akan datang" (Ibr 13:14).
Yesus sangat kaya akan nasihat mengenai fananya dunia ini. Salah satu contoh adalah kisah orang kaya dan Lazarus (Lukas 16:19-31). Orang kaya menikmati hidupnya di dunia ini, dihormati dan penuh kemuliaan. Lazarus sebaliknya hidup sengsara dan hina di dunia bahkan makan pun harus dari meminta belas kasihan orang lain. Dunia ini pun berlalu masuk pada penghakiman Tuhan. Alhasil, Lazarus menikmati kehidupan abadi dalam firdaus dan penuh bahagia bersama-sama orang-orang kudus, namun orang kaya di dunia harus memasuki penghukuman yang tak tertahankan. Ini suatu pesan bahwa dunia ini akan berlalu, jangan sampai kehilangan kehidupan kekal yang telah dipersiapkan oleh Allah karena memenuhi hidup yang sementara ini. Jika dibuat pilihan,  lebih baik menderita sementara di dunia namun memperoleh hidup yang kekal dalam kehidupan mendatang.

Langit dan bumi akan berlalu. Ini adalah peringatan Yesus Kristus kepada murid bahwa dunia ini akan berakhir dan hal ini dituliskan dalam ketiga Injil (Lukas 21:25, 24:29 dan Mark 13:24). Demikian halnya surat-surat Perjanjian Baru bahwa unsur-unsur dunia ini akan hancur  (2 Petrus 3:10-12), dunia ini akan berlalu, Yesus akan datang dalam kemuliaanNya ketika  malaikat berseru dan membunyikan sangkakala dimana orang percaya akan bangkit (1 Tes 4:16). Sesungguhnya langit dan bumi yang pertama akan berlalu dan datang langit dan bumi yang baru sebagaimana dijanjikanNya (2 Ptr 3:13; Why 21:1).

Peganglah Firman Tuhan! Yesus berpesan bahwa FirmanNya tidak akan berlalu sebagai pegangan hidup bagi orang percaya dan jaminan akan keabadian. Jaman bisa berubah, perubahan nilai tak akan bisa dihambat bahkan sengala unsur-unsur dunia, langit dan bumi akan berlalu namun firman Tuhan adalah kekal. Nasihat bisa lupa, petuah bisa saja tak relevan, namun firman Tuhan tetap sama dan relevan sepanjang masa (1 Petr 1:17) karena Yesus Kristus sama baik kemarin, sekarang dan selama-lamanya (Ibrani 14:8). Mengapa firman tidak akan berlalu? Karena firman telah menjadi daging; itulah keselamatan yang kita kenal di dalam diri Yesus Kristus (Yoh 1)

Marilah berpegang hanya kepada firman Tuhan sebagai suluh hidup di dunia ini. Firman memelihara dan menguatkan iman kita hingga memasuki kehidupan abadi. Amin.