running text

HORAS!!! SELAMAT DATANG DI BLOG HKBP SUTOYO; Jln. Letjend Sutoyo, Jakarta Timur - Indonesia

Sabtu, 19 Agustus 2017

"HIDUP PENUH PENGHARAPAN" Renungan Harian Pdt.Lucius T.B.Pasaribu, S.Th

HIDUP PENUH PENGHARAPAN

1 Petrus 1:3, "Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, yang karena rahmat-Nya yang besar telah melahirkan kita kembali oleh kebangkitan Yesus Kristus dari antara orang mati, kepada suatu hidup yang penuh pengharapan"

Teks renungan hari ini merupakan pujian yang disampaikan Petrus untuk mensyukuri kasih Allah di dalam diri Yesus Kristus. KebangkitanNya melahirkan kita kembali kepada kehidupan yang penuh pengharapan dan sekaligus sebagai bagian pembuka dari surat Rasul Petrus.

Memiliki pengharapan sangat menentukan semangat kerja seseorang. Jika tidak ada pengharapan pasti semangat kerja menurun dan tingkat pencapaian hasil juga sangat rendah.  Tidak sedikit perusahaan-perusahaan besar mendatang motivator untuk melatih para staf dan karyawan agar memiliki semangat kerja melalui pelatihan-pelatihan pengembangan diri dan motivasi. Sudah terbukti bahwa staf dan karyawan yang memiliki semangat kerja memberikan dampak positif bagi perusahaan, tingkat produksi lebih tinggi dan segala manfaat lainnya.

Orang percaya harus memiliki hidup yang penuh pengharapan. Ada banyak alasan yang bisa kita sebutkan. PERTAMA: jaminan pemeliharaan di dunia ini. Yesus Kristus berjanji akan menyertai muridNya sampai akhir jaman (Mat 28:20). KEDUA: kepastian jaminan dalam hidup kita dari segala ancaman dan tekanan karena sehelai rambut pun telah dihitung Tuhan (Mat 10:30). Banyak lagi ayat Alkitab yang meyakinkan kita akan jaminan pemeliharan Tuhan dalam hidup kita. Jaminan itu bukan hanya hidup di dunia ini, tapi telah menganugerahkan kehidupan yang kekal.

Bagi rasul Petrus hidup dalam penuh pengharapan bertititk tolak dari kebangkitan Yesus Kristus. Yesus Kristus telah bangkit,  kubur telah kosong. Ini sangat penting, karena semua kita takut kepada kematian, setiap orang pasti menangis karena kematian namun dengan bangkitnya Kristus dari kematian, hal yang paling kita takuti dalam hidup ini telah dikalahkan oleh kebangkitan Yesus Kristus. Kebangkitan Yesus Kristus telah menyeberangkan kita dari kematian kepada hidup yang kekal.

Hidup yang penuh pengharapan adalah anugerah terbesar dalam hidup kita. Karena itu marilah tetap optimis, berpengharapan dan penuh semangat dalan menjalani aktifitas kita masing-masing. Jauhkan sikap pesimis dan segala bentuk yang menurunkan semangat kerja dan motivasi kita. Kristus telah menyeberangkan kita kepada hidup yang penuh pengharapan. Jika ada masalah, jangan surut dan tawar hati, tetapi jalanilah dengan penuh pengharapan, jangan kalah dan larut dalam masalah namun kuasailah diri dalam segala situasi Tuhan Yesus sumber kekuatan kita. Amin.