running text

HORAS!!! SELAMAT DATANG DI BLOG HKBP SUTOYO; Jln. Letjend Sutoyo, Jakarta Timur - Indonesia

Kamis, 19 Oktober 2017

"BERTAMBAH TEGUH DALAM IMAN" Renungan Harian Pdt.Lucius T.B.Pasaribu, S.Th

BERTAMBAH TEGUH DALAM IMAN

Kolose 2:7, "Hendaklah kamu berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu, dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur"

Iman harus bertumbuh! Itulah pesan dari renungan di pagi hari ini. Iman itu bukan statis tetapi dinamis, bertumbuh dan berkembang seperti tumbuhan dimulai dengan benih, setelah ditaburkan Tuhan akan memberikan akar-akar, kemudian bertumbuh, semakin kuat dengan adanya cabang-cabang, ranting dan daun. Pada waktunya akan menghasilkan buah yang dinantikan oleh seorang petani. Demikian halnya dengan iman; firman adalah benih kebenaran yang kita dengar, berakar dan betumbuh membentuk pribadi kita yang percaya dan setia kepada Tuhan dan melakukan perbuatan-perbuatan baik sebagai buah dari penghayatan iman.

Penyebutan berakar dan bertumbuh meruoakan istilah yang diambil Paulus dari dunia pertanian. Sama seperti Yesus, dalam pengajaranNya banyak memberikan perumpamaan tentang Kerajaan Allah banyak diinspirasi dari pertanian: perumpamaan tentang penabur, biji sesawi, dll. Semua itu menunjukkan bahwa iman kekristenan harus bertumbuh.

Berakar dan bertumbuh; akar adalah bagian pertama yang menunjukkan bahwa tanaman itu hidup atau tidak,  baik atau tidak, kuat atau tidak. Akar berfungsi mencari makanan untuk pertumbuhan tanaman, selanjutnya dimatangkan dalam daun dan disalurkan ke seluruh bahagian dari tanaman.  Selain fungsi pencari makanan, akar tanaman juga menjadi penopang batang. Akar yang kuat akan menjadikan pohon bisa bertahan dari badai angin. Jika akar tak kuat pohon itu akan segera tumbang.

Bertambah kuat dan berkelimpahan di dalam Tuhan. Pohon yang berbuah harus ditopang dengan dahan yang kuat. Tidak sedikit pohon yang berbuah lebah, setelah buahnya semakin membesar dahannya tak kuat dan patah. Ini gambaran orang yang menerima kelimpahan berkat namun tak kuat akan kenikmatan harta sehingga lupa akan pembinaan spiritualitas dan pertumbuhan kerohaniannya. Terus bekerja, menambah inkam dan segala sesuatu yang mendatangkan keuntungan. Jika keuntungan dan kelimpahan berkat ada, namun tidak ditopang oleh iman yang kuat maka sama dengan dahan yang patah tadi.

Tuhan menghendaki kita berakar dan bertunbuh di dalam dia. Agar iman kita bertumbuh tentu benih firman yang kita dengar berakar, berkembang dan menopang kehidupan kita. Iman itu bertumbuh ketika kita mau mendengarkan firman (Rom 5:8) dan merenungkannya siang dan malam (Mazmur 1).

Kiranya Tuhan memberikan kekuatan bagi kita dan menghasilkan buah yang berkelimpahan demi kemuliaanNya. Amin.