running text

HORAS!!! SELAMAT DATANG DI BLOG HKBP SUTOYO; Jln. Letjend Sutoyo, Jakarta Timur - Indonesia

Selasa, 17 Oktober 2017

"TUHAN MENJAWAB DOAMU" Renungan Harian Pdt.Lucius T.B.Pasaribu, S.Th

TUHAN MENJAWAB DOAMU

Lukas 11:9, "Oleh karena itu Aku berkata kepadamu: Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu"

Mungkin Anda pernah menemukan tulisan ini: 24 Jam Bersedia Melayani Anda! Coba Anda ingat dimana itu tertulis? Itu motto dari beberapa pelayanan umum seperti Klinik 24 Jam, RS, Polisi dan lainnya yang bergerak dalam pelayanan masyarakat. Ini suatu contoh pelayanan publik yang bersedia setiap saat untuk melayani apa kebutuhan publik. Ada saja kebutuhan masyarakat tang harus sedia 24 jam. Jika pelayanan publik terbuka 24 jam dalam beberapa sektor tertentu, lebih dari itu Tuhan membuka diri untuk umatNya. Tuhan bersedia setiap saat memberikan apa yang kita butuhkan asalkan kita mau menyampaikannya di dalam doa dan permohonan kita.

☆ Mintalah maka akan diberikan kepadamu! Di sini bukanlah mau menggambarkan bahwa hubungan kita dengan Tuhan adalah  hubungan pemohon dan pemberi. Hubungan dimaksud sama seperti seorang anak yang meminta sesuatu dari ayahnya (orangtuanya). Bukankah seorang ayah telah mempersiapkan segala sesuatu bagi anaknya? Sekalipun tidak diminta, sang ayah telah mempersiapkan apa yang terbaik bagi anaknya. Demikian Tuhan dengan anak-anakNya. "Mintalah maka akan diberikannkepadamu", Yesus hendak menunjukkan Allah itu adalah pemurah. Tuhan itu baik dan berkenan setiap saat memberikan apa yang diminta oleh orang yang datang memohon kepadaNya. Tuhan itu tidak pernah menolak siapapun, karena semuanya adalah umat yang dikasihiNya. Tuhan tidak pernah menolak apapun yang kita minta, karena semuanya ada padaNya. Tetapi satu hal yang harus kita ingat bahwa Tuhan akan memberikan apa yang tepat untuk kita. Tuhan lebih mengetahui apa yang kita butuhkan dalam hidup ini.

☆ Carilah maka kamu akan mendapatkan! Di sini diperlihatkan harus ada usaha dari diri kita yang memohon kepada Tuhan. Memohon bukan berarti menunggu Tuhan datang memberikan ke tangan kita. Bagi seorang petani tak mungkin lumbungnya penuh gandum kalau dia tidak menabur dan bekerja. Namun harus ada usaha, mencari apa yang kita butuhkan. Seperti seseorang yang kehilangan: benda yang hilang itu tidak datang kembali dengan sendirinya, tetapi jika kita hendak menemukannya kembali kita harus mencarinya. Demikianlah tentang hidup ini. Jika kita menginginkan sesuatu dari Tuhan, cari jalan apa yang Anda tempuh untuk meraihnya, yakin dan percayalah, Tuhan akan menolong kita hingga menemukan apa yang kita cari.

☆ Ketoklah maka pintu akan dibukakan bagimu! Cobalah Anda ingat ketika Anda hendak berkunjung ke rumah teman atau sahabat Anda. Sekalipun Anda sudah janjian, Anda harus mengetok pintu agar orang yang berada di dalam rumah itu bergegas membuka pintu bagi Anda dan mempersilahkan Anda masuk. Atau setidaknya Anda akan telpon atau kirim pesan WA bahwa Anda sudah di depan pintu. Sebagai sahabat yang tahu ada orang yang mengetok pasti, maka pintu akan segera dibukakan untuk Anda. Lebih dari itulah Tuhan membukakan pintu bagi kita baik dalam hal apapun itu.

Renungan di pagi ini sangat penting bagi kita bahwa Tuhan itu senantiasa siap sedia memberikan apa yang kita butuhkan. Datanglah padaNya di dalam doa dan permohonan kita, telah dipersiapkan apa yang terbaik bagi kita. Amin.