running text

HORAS!!! SELAMAT DATANG DI BLOG HKBP SUTOYO; Jln. Letjend Sutoyo, Jakarta Timur - Indonesia

Senin, 23 Oktober 2017

"KERJAKANLAH KESELAMATANMU" Renungan Harian Pdt.Lucius T.B.Pasaribu, S.Th

KERJAKANLAH KESELAMATANMU

Filipi 2:13, "Karena Allahlah yang mengerjakan di dalam kamu baik kemauan maupun pekerjaan menurut kerelaan-Nya".

Keselamatan adalah pemberian Allah secara gratis atau cuma-cuma bagi kita. Kata cuma-cuma disebut dengan "gratia" (grace) atau anugerah Allah. Pemberian Allah yang cuma-cuma bukanlah seperti sesuatu benda mahal yang kita simpan di dalam lemari sebagai koleksi, tetapi keselamatan itu bentuk kata kerja yang menuju kesempurnaan dan pemenuhan.

Nats renungan di pagi hari ini satu kesatuan dengan ayat sebelumnya yang menekankan tentang tugas orang percaya: mengerjakan keselamatan sebagai respon terhadap karya Allah. Keselamatan itu adalah pekerjaan Allah, Allah telah mengerjakan keselamatan kita di dalam diri Yesus Kristus. Yesus mengosongkan dirinya (kenosis); sekalipun dalam rupa Allah namun dia merendahkan diri mengambil rupa seorang hamba agar segala yang ada di bawah kolong langit bertekuk lutut di dalam nama Yesus Kristus dan segala lidah mengaku Yesus Kristus adalah Tuhan dan Juruselamat (Filipi 2:10-11)

Bagi orang percaya keselamatan di dalam Yesus Kristus harus kita kerjakan, "Hai saudara-saudaraku yang kekasih, kamu senantiasa taat; karena itu tetaplah kerjakan keselamatanmu dengan takut dan gentar, bukan saja seperti waktu aku masih hadir, tetapi terlebih pula sekarang waktu aku tidak hadir" (Flp 2:12)

Apa maksudnya mengerjakan keselamatan? Percaya kepada Yesus Kristus berarti kita mengenal kehendak Allah. Maka setiap orang percaya harus melakukan kehendak Allah sebagai respon kita yang telah menerima keselamatan. Mengerjakan keselamatan lewat ketaatan,  kesetiaan, iman yang tangguh dan bersedia memikul salib. Rela menderita atas segala pergumulan yang dihadapi demi kebenaran dan kerajaan Tuhan. Mengerjakan keselamaatan sebagai bukti ketaatan dan takut akan Tuhan.

Bagaimana kita mengerjakan keselamatan itu? Yesus pernah membuat perumpamaan tentang talenta. Ada yang menerima 5 ada menerima 2 ada yang menerima 1. Seorang hamba yang menerima 5 mengerjakannya dan mengelolanya dengan baik sehingga dia menghasilkan dua kali lipat, demikian dengan  yang menerima 2 menghasilkan dua kali lipat. Namun sangat sayang yang menerima 1 hanya menyimpan tak menghasilkan apa-apa. Hasil perumpamaan ini, yang mengerjakan 5 dan 2 memperoleh dua kali lipat bagiannya, namun yang tak menghasilkan apa-apa selain 1 talenta ditarik daripadanya, dia juga dimasukkan pada penghukuman (Baca Mat 25:14-30)

Kerjakanlah keselamatanmu adalah respon kita terhadap karya keselamatan Allah yang telah dikerjakan bagi kita lewat kerelaan Yesus Kristus mati di kayu salib demi keselamatan kita. Mengerjakan keselamatan bukanlah bekerja  mendatangkan kemujuran,  kebaikan dan keuntungan bagi diri kita semata, namun sebagai orang yang telah menerima keselamatan kita harus bekerja mendatangkan kebaikan bagi semua orang. Setiap orang yang melihat perbuatan bagi kita orang memuliakan Tuhan. Inilah misi Allah di dalam diri orang percaya: setiap kita yang mengerjakan keselamatan itu semuanya untuk mendatangkan kemuliaan Bapa di sorga. Amin.