running text

HORAS!!! SELAMAT DATANG DI BLOG HKBP SUTOYO; Jln. Letjend Sutoyo, Jakarta Timur - Indonesia

Senin, 16 Oktober 2017

"KESELAMATAN KEKAL HANYA DARI TUHAN" Renungan Harian Pdt.Lucius T.B.Pasaribu, S.Th

KESELAMATAN KEKAL HANYA DARI TUHAN

 Yesaya 51:6, "Arahkanlah matamu ke langit dan lihatlah ke bumi di bawah; sebab langit lenyap seperti asap, bumi memburuk seperti pakaian yang sudah usang dan penduduknya akan mati seperti nyamuk; tetapi kelepasan yang Kuberikan akan tetap untuk selama-lamanya, dan keselamatan yang dari pada-Ku tidak akan berakhir".

Ibarat seorang motivator yang baik demikianlah nabi Yesaya memberikan dorongan dan semangat bagi umat yang di pembuangan. Inspirasi dan kata-kata yang membangun disampaikan agar mereka memiliki pengharapan. Pembuangan akan berlalu dan Tuhan akan mengembalikan umatNya ke Yehuda/Yerusalem.

Dalam renungan pagi ini Yesaya menyampaikan agar jangan menaruh pengharapan pada dunia ini, karena langit bumi, laut dan segala isinya akan segera lenyap. Dunia ini hanyalah PHP (Pemberi Harapan Palsu). Hanya satu yang abadi yaitu keselamatan dari Allah. Keselamatan Allah itu kekal dan abadi dan tidak akan berakhir. Sebaliknya langit, bumi dan penduduknya hanyalah sementara.

Apa yang disampaikan oleh Yesaya sangat tepat dan menarik bahwa langit dan bumi tak dapat memberikan keselamatan bagi kita, justru semuanya menuju kehancurannya. PERTAMA: Lihatlah! Langit akan lenyap seperti asap, ia akan mengepul namun hanya sesaat, segera sesudah itu hilang di awan-awan dan tak kelihatan lagi. Asap bisa membumbung tinggi namun ketika angin berhembus ia pun akan lenyap seketika. KEDUA: Bumi akan memburuk seperti pakaian yang sudah usang. Hal ini sangat menarik bahwa segala sesuatu akan berjalan seturut dengan waktu. Apa yang dulu mungkin disanjung dan diagungkan, namun akan memburuk. Sama seperi artis yang tiba-tiba populer, lambat laun akan kehilangan followernya.
KETIGA: Penduduknya akan mati seperti nyamuk. Mungkin umur binatang yang terpendek dari semua binatang yang sering berhadapan dengan manusia adalah nyamuk. Dari menetas dan bertumbuh tidak sampai 2 minggu. Memang menurut penelitian nyamuk betina bisa mencapai satu bulan. Begitulah singkatnya hidup penduduk bumi.
Namun keselamatan dari Allah akan kekal, abadi dan selamannya. Keselamatan dari Tuhan tidak akan berakhir, karena Dialah Alpa dan Omega, yang pertama dan akhir. Bagi Tuhanlah pengharapan kita satu-satunya.

Apa yang disampaikan Yesaya di pagi ini, mengingatkan kita akan tujuan hidup kita, yaitu keselamatan dari Tuhan. Banyak tawaran keselamatan, kemakmuran, kesejahteraan dan kebahagiaan dari kuasa dunia dan berhala modern. Namun periksa dulu apakah itu bertentangan dengan kebenaraan firman Tuhan? Renungan pagi mengingatkan kita hanya pada Tuhan ada keselamatan yang abadi. Amin.