running text

HORAS!!! SELAMAT DATANG DI BLOG HKBP SUTOYO; Jln. Letjend Sutoyo, Jakarta Timur - Indonesia

Sabtu, 21 Oktober 2017

"PERGILAH DENGAN SELAMAT" Renungan Harian Pdt.Lucius T.B.Pasaribu, S.Th

PERGILAH DENGAN SELAMAT

Lukas 8:48, "Maka kata-Nya kepada perempuan itu: "Hai anak-Ku, imanmu telah menyelamatkan engkau, pergilah dengan selamat!"

Firman Tuhan di pagi hari ini merupakan satu ayat dari satu perikop kisah Yesus membangkitkan putri Jairus. Jairus menjumpai Yesus di sinagoge dan memohon agar Yesus berkenan menyembuhkan putri satu-satunya yang hampir mati. Yesus pun bersedia menyembuhkannya, namun dalam perjalanan itu ada seorang perempuan berpenyakit pendarahan yang cukup parah telah mendengar tentang Yesus, dan dia memiliki keyakinan dengan menyentuh jubah Yesus saja dia telah sembuh. Maka secara diam-diam dia mendekati Yesus dan menjamah jubahNya. Pada saat itu Yesus menyadari tindakan perempuan itu, dan nampaknya Yesus merespon dan perempuan itu ketakutan atas perbuatannya itu yang menjamah jubahNya. Tetapi Yesus menyapa perempuan itu dengan lembut dan berkata, "Hai anak-Ku, imanmu telah menyelamatkan engkau, pergilah dengan selamat!" (Luk 8:48).

Jawaban Yesus ini sangat mengubah ketakutan perempuan tersebut dan ia mendapatkan kesembuhan.  "Imanmu telah menyelamatkan engkau dan pergilah dengan selamat!". Itulah kebaikan Yesus yang peduli terhadap setiap orang. Dalam perjalanan pun Yesus tetap melayani orang yang datang kepadaNya. Ketika berdialog dengan perempuan itu seorang memberitahukan bahwa putri Jairus sudah mati dan mereka pun menangis. Namun dalam kisah selanjutnya Yesus membangkitkan putri Jairus itu.

"Imanmu menyelamatkan engkau dan pergilah dengan selamat!". Dalam beberapa kali Yesus menyembuhkan, kalimat ini sering disampaikan olehNya, yang menekankan bahwa iman percaya kita kepada Yesus berperan penting dalam memperoleh kesembuhan.

"Imanmu memyelamatkanmu!". Suatu perkataan yang menyembuhkan dan menyegarkan jiwa kita yang percaya kepada Yesus. Jika kita memiliki iman, apapun yang kita minta akan diberikan kepada kita, seperti disebut di Matius 21:22, "Dan apa saja yang kamu minta dalam doa dengan penuh kepercayaan, kamu akan menerimanya."

Yesus berkenan menolong setiap orang percaya. Tuhan Yesus itu baik, Dia tidak marah sekalipun jubahNya disentuh tanpa persetujuanNya. Yesus tidak cuek meninggalkan perempuan itu karena ada urusanNya yang terpenting melayani orang yang hendak mati. Bukankah kita sering mengabaikan tugas mulia dengan alasan ada tugas dan kesibukan?

Inilah kebaikan Yesus dalam hidup kita yang harus kita syukuri, Dia selalu berkenan menolong dan menopang kita asalkan kita percaya kepadanya.

"Pulanglah dengan selamat!". Tuhan Yesus tidak membiarkan kita pulang dengan hampa dan tak memperoleh apa-apa dari padaNya, tetapi Dia memenuhi harapan kita. Amin.