running text

HORAS!!! SELAMAT DATANG DI BLOG HKBP SUTOYO; Jln. Letjend Sutoyo, Jakarta Timur - Indonesia

Kamis, 23 Maret 2017

"AKU TELAH MELIHAT KESELAMATAN" Renungan Harian Pdt.Lucius T.B.Pasaribu, S.Th

AKU TELAH MELIHAT KESELAMATAN

Lukas 2:30-32, "Sebab mataku telah melihat keselamatan yang dari pada-Mu, yang telah Engkau sediakan di hadapan segala bangsa, yaitu terang yang menjadi penyataan bagi bangsa- bangsa lain dan menjadi kemuliaan bagi umatMu, Israel".

01. Penantian Mesias adalah spiritualitas yang melekat bagi orang Yahudi. Mereka menantikan Mesias kelepasan dan keselamatan Israel sebagaimana disampaikan oleh para nabi. Namun tidak semua lagi yang setia menantikannya. Di dalam pembuangan hanya sisa-sisa Israel yang setia menantikan Mesias. Hingga jaman Perjanjian Baru masih ada komunitas-komunitas religius yang menantikan kedatangan Mesias, seperti golongan Esseni yang menunggu Mesias dengan bertapa dan retreat mengasingkan diri ke goa-goa atau gurun. Namun ada juga seperti Simeon dalam nats ini yang menantikan  kedatangan Mesias dengan rutin datang ke Bait Suci Yerusalem.

02. Dalam Lukas 2 ini Simeon salah satu dari sisa-sisa Israel yang memiliki spiritualitas penantian Mesias. Dia telah memperoleh nazar melalui roh bahwa dia tidak akan meninggal sebelum melihat Mesias. Lukas menceritakan kelahiran Mesias tidak segempar Injil Matius; yang mengisahkan kegemparan Herodes hingga berdampak pada pembunuhan bayi-bayi di jaman itu. Namun Lukas mengisahkan spiritualitas orang-orang sederhana yang menantikan Tuhan seperti Simeon dan Hanna.

Tepat hari ke delapan sebagaimana Hukum Taurat, Yusuf dan Maria membawa Yesus ke Bait Allah untuk disunat dan memberikan kurban bakaran di Bait Allah (baca: Imamat 12:3). Di sinilah peristiwa yang sangat menarik, ketika Simeon melihat bayi Yesus spontan menyambut dan menatangnya dan menyampaikan pujian dan mazmur. Dia bahagia dan  menyampaikan doa, nazarnya telah dipenuhi bahwa dia tidak akan mati sebelum melihat Mesias. Akhirnya penantian Simeon akan Mesias telah digenapi bahkan telah pasrah untuk menghadap Tuhan karena telah melihat Mesias yang membawa keselamatan bagi Israel. Yesus adalah kepenuhan janji Allah untuk menyelamatkan Israel dari penjajahan bangsa asing, tetapi keselamatan yang menyeluruh, keselamatan manusia dari dosa dan maut. Dia adalah jalan pendamaian Allah dan manusia. Peristiwa salib, kematian dan kebangkitanNya menyeberangkan manusia dari kematian kepada kehidupan kekal.

03. Mataku telah melihat keselamatan, suatu kalimat pembuktian iman yang nyata di dalam diri Simeon sekaligus menjadi teladan bagi setiap orang percaya. Kita percaya bahwa keselamatan itu telah nyata di dalam diri Yesus Kristus yang menebus kita dari dosa. Seperti kesetiaan Simeon menantikan keselamatan, demikian kita setia menunggu dan penuh pengharapan akan kepenuhan keselamatan sampai "maranatha", kedatangan Yesus Kristus kedua kali dalam kemuliaan. Amin.