running text

HORAS!!! SELAMAT DATANG DI BLOG HKBP SUTOYO; Jln. Letjend Sutoyo, Jakarta Timur - Indonesia

Jumat, 24 Maret 2017

"ALLAH AKAN BERTINDAK" Renungan Harian Pdt.Lucius T.B.Pasaribu, S.Th

ALLAH AKAN BERTINDAK

Yesaya 11:4, “Tetapi ia akan menghakimi orang-orang lemah dengan keadilan, dan akan menjatuhkan keputusan terhadap orang-orang yang tertindas di negeri dengan kejujuran; ia akan menghajar bumi dengan perkataannya seperti dengan tongkat, dan dengan nafas mulutnya ia akan membunuh orang fasik.”

1. Yesus Kristus adalah tunas yang keluar dari tunggul Isai, dan taruk yang tumbuh dari pangkalnya. Pernyataan ini mencatat bahwa Yesus, Mesias yang diutus ke dunia. Bahwa Roh Tuhan ada padaNya, roh hikmat dan pengertian, roh nasihat dan keperkasaan, roh pengenalan dan takut akan Tuhan; ya, kesenanganNya ialah takut akan Tuhan. Ia tidak akan menghakimi dengan sekilas pandang saja atau menjatuhkan keputusan menurut kata orang. Tetapi ia akan menghakimi orang-orang lemah dengan keadilan, dan menjatuhkan keputusan terhadap orang-orang tertindas dengan kejujuran; ia akan menghajar bumi dengan perkataannya, dan dengan nafasNya ia akan membunuh orang fasik.

2. Kehadiran Mesias sudah dinantikan berabad-abad. Israel melihatNya sebagai tunas dari tunggul Isai, keturunan Daud yang melanjutkan janji keselamatan dan kerajaan kekal yang disampaikan dengan sumpah setia kepada Daud. Yesus adalah taruk yang tumbuh dari pangkalnya dan memberi buah. Ini menunjukkan pengharapan yang hampir padam, bahkan pohonnya sudah ditebang (berkali-kali dibuang), tapi ajaib, ia bertunas lagi dan taruk berbuah. Inilah jawaban pengharapan Mesianis.

3. Selama ada pengharapan, akan memberikan jalan keluar atas semua persoalan. Semua orang membutuhkan Mesias sebagai HAKIM yang memberi keadilan dan kebenaran. Orang tertindas akan mendapat pembelaan hukum dan orang-orang fasik akan dihukum. Tuhan akan memberi keadilan bagi orang lemah, sehingga tidak ada lagi penindasan bagi orang miskin. Tuhan memberi kejujuran bagi orang-orang yang tertindas; dan akan menghajar bumi dengan perkataannya, dan dengan nafas mulutnya membunuh orang fasik. Cara bertindak Allah menunjukkan absolutitas yang tak terbantahkan.

4. Keadilan dan kejujuran adalah buah pekerjaan Mesias bagi manusia yang tertindas, tetapi hukum dan murka yang keras akan menghantam orang yang melakukan kelaliman. Inilah tindakan Tuhan, bahwa Dia pasti melakukan pengadilan yang benar dan tidak akan ragu-ragu. Penderitaan yang dialaminya adalah bagian dari kasih sayang dan pengorbananNya mengasihi dunia ini. Amin.