running text

HORAS!!! SELAMAT DATANG DI BLOG HKBP SUTOYO; Jln. Letjend Sutoyo, Jakarta Timur - Indonesia

Rabu, 01 Maret 2017

"NAMAMU TERDAFTAR DI SURGA" Renungan Harian Pdt.Lucius T.B.Pasaribu, S.Th

NAMAMU TERDAFTAR DI SURGA

Lukas 10: 20 "Namun demikian janganlah bersukacita karena roh-roh itu takluk kepadamu, tetapi bersukacitalah karena namamu ada terdaftar di sorga.”

MENGALAHKAN atau menaklukkan “penguasa” yang selama ini menakut-nakuti kita, adalah suatu kemenangan besar. Siapa tidak senang kalau setan-setan takluk demi nama Yesus. Begitulah laporan ketujuh puluh murid yang kembali dengan berita kemenangan. Mereka merasa begitu hebat dan perkasa, seolah tidak ada lagi setan yang berani mengganggu misi pelayanan perjuangan mereka. Akan tetapi sangat berbeda dengan kegembiraan itu, Yesus berkata kepada mereka: "Aku melihat Iblis jatuh seperti kilat dari langit".

Sungguh, banyak hamba Tuhan yang mendapat kemenangan seperti itu. Sejak masa penginjilan dimulai, berkali-kali para penginjil di Tanah Batak diperhadapkan dengan kuasa animisme, dinamisme (Batak: hasipele-beguon), perdukunan dan berbagai kejahatan yang merupakan pekerjaan roh-roh kegelapan menyesatkan orang Batak. Pada perjumpaan itu para penginjil diberi kuasa untuk menginjak ular dan kalajengking dan kuasa untuk menahan kekuatan musuh, agar tidak ada yang akan membahayakan mereka. Itu terjadi di daerah-daerah penginjilan, dan dalam kehidupan sekarang. Namun sepertinya “keberhasilan” sedemikian tidaklah begitu penting bagi kita. Yang terpenting adalah “keselamatan” kita sendiri.

Yesus menegaskan: “Namun demikian janganlah bersukacita karena roh-roh itu takluk kepadamu, tetapi bersukacitalah karena namamu ada terdaftar di sorga." Menjai pemenang, itu sangat bagus. Namun menjadi orang yang dimahkotai oleh kemenangan itu akan lebih bermakna dan berguna menjadi kebahagiaan kita. Ibarat seorang petarung tinju dunia: mengkanvaskan lawan  hingga menang KO adalah salah satu impian kita, tetapi akan lebih membahagiakan jikalau nama kita terdaftar sebagai petinju terbaik serta mendapat medali dan bonus besar.

Kuasa Yesus melalui kematian dan kebangkitanNya sudah memberi jaminan penyertaan bagi kita senantiasa, bahwa kita akan dikuatkan, didampingi dan dimenangkan untuk melwan kuasa-kuasa dunia ini. Namun yang lebih berhaga bagi kita adalah jaminan bahwa kita mempunyai tempat di surga, sebagai orang-orang yang dimenangkan.  Nama kita terdaftar dalam akte baptis, terdaftar di catatan sipil, terdaftar sebagai penerima penghargaan, semua itu merupakan tanda keikutserta-an kita di sana, demikianlah kalau nama kita terdaftar di surga, maka kepastian akan hidup kekal dan surgawi sudah kita miliki. Amin.