running text

HORAS!!! SELAMAT DATANG DI BLOG HKBP SUTOYO; Jln. Letjend Sutoyo, Jakarta Timur - Indonesia

Sabtu, 25 Maret 2017

"KEKUASAAN KRISTUS" Renungan Harian Pdt.Lucius T.B.Pasaribu, S.Th

KEKUASAAN KRISTUS

Efesus 1:20-21, "Yang dikerjakan-Nya di dalam Kristus dengan membangkitkan Dia dari antara orang mati dan mendudukkan Dia di sebelah kanan-Nya di sorga,
jauh lebih tinggi dari segala pemerintah dan penguasa dan kekuasaan dan kerajaan dan tiap-tiap nama yang dapat disebut, bukan hanya di dunia ini saja, melainkan juga di dunia yang akan datang".

Dalam nats renungan ini, ada dua hal yang disampaikan oleh Paulus tentang kekuasaan Kristus;

1. Kristus menyeberangkan kita dari dunia fana kepada dunia yang akan datang, dari dunia orang mati kepada kehidupan yang kekal. Kuasa kebangkitanNya bukan hanya membuktikan bahwa kuasa dosa dan maut bertekuk lutut di dalam Kristus, tetapi kematian dan kebangkitanNya adalah berkuasa untuk menyeberangkan kita dari kematian kepada kehidupan yang kekal. Penjelasan ini meyakinkan kita akan adanya kehidupan setelah kematian. Tidak ada seorang pun yang dapat memasuki kehidupan kekal oleh karena kekuatan diri sendiri, hanya Allah sendiri yang mengerjakannya melalui kebangkitan Yesus Kristus. Hidup kita bukanlah hanya berpengharapan pada dunia yang fana ini, karena hidup di dunia ini hanya sementara. Namun suka duka dan pahit manisnya kehidupan di dunia ini harus menguatkan pengharapan kita kepada kehidupan yang kekal yang dipersiapkan Allah kepada kita melalui karya Kristus.

2. Menempatkan Kristus paling tinggi dari segala pemerintah dan kuasa-kuasa dan kerajaan yang ada di dunia ini hingga di dunia yang akan datang. Apa yang dijelaskan di sini menyangkut kedaulatan Kristus. Kristus berdaulat atas segala kuasa dan kerajaan. Tidak ada kuasa pemerintah yang tidak berasal dari Allah (Band. Rom 13), Allah sendiri akan meminta pertanggungjawaban akhir dari setiap kuasa dan perbuatan manusia. Kristus yang duduk di sebelah kanan Allah akan menghakimi setiap orang. Tidak ada seorangpun yang luput dari pertanggungjawaban perbuatannya di dalam hidupnya.

Inilah peran Kristus yang sangat penting yang selalu kita hayati. Pandangan ini mendorong dan meyakinkan kita untuk setia di dalam iman. Kristus sendiri telah menjamin hidup kita di dunia ini dan di dunia yang akan datang. Tidak perlu takut akan kuasa pemerintah dan kerajaan di dunia ini yang memperlakukan kuasanya baik untuk menindas, menganiaya dan segala kebijakannya yang tidak adil karena pada akhirnya segala pemerintah, kuasa-kuasa dan kerajaan yang ada akan bertekuk lutut di dalam satu nama yaitu Yesus Kristus.

Maka pengharapan kita bukanlah hanya hidup di dunia ini, lebih baik menderita sesaat hidup di dunia ini, namun kita hidup dimuliakan bersama Kristus dalam kehidupan kekal. Amin.