running text

HORAS!!! SELAMAT DATANG DI BLOG HKBP SUTOYO; Jln. Letjend Sutoyo, Jakarta Timur - Indonesia

Kamis, 16 Agustus 2018

Renungan Harian - Biarlah hidup yang kita hidupi senantiasa rukun sesuai kehendakNya


Renungan harian HKBP Sutoyo

Kamis, 16 Agustus 2018

"Semoga Allah, yang adalah sumber ketekunan dan penghiburan mengaruniakan kerukunan kepada kamu, sesuai dengan kehendak Kristus Yesus" ( Roma 15 : 5)

Apakah  kita sudah hidup rukun, satu dengan yang lain ? Antara orangtua dengan anak, abang adik di keluarga ? Rukun berkeluarga, Rukun bertetangga ? Apakah rukun tidak pernah terjadi perbedaan atau selalu mengalah, atau lebih baik didiami ??  Kerukunan terjadi justru karena keragaman. Sebab bila hidup seragam hanyalah keterpaksaan. Kerukunan yang sejati hanya bersumber  dari Allah.

Rasul Paulus mengajak jemaat Roma yang berlatar belakang Yahudi untuk lebih peka pada perasaan orang lain, yaitu mereka yang non Yahudi.Karena berbeda asal dan latar belakang, yang Yahudi mulai membedakan bahkan menganggap remeh saudara lain yang berbeda dengan mereka.
Padahal perbedaan dan keragaman adalah karya cipta Allah yang menjadi kekuatan dan keindahan. Oleh sebab itu Paulus mengharapkan dan menghimbau agar jemaat di Roma itu hidup dalam kerukunan.
Kerukunan yang dimaksud mengandung unsur :
- "sehati-sejiwa" dan mempunyai tujuan yang sama
- "sehati-sepikir". Dalam hal ini maksud Paulus, bahwa perbedaan itu bukan untuk dihapus tetapi diatasi dengan cara menolong maupun menopang  sehingga kompak.



Demikian halnya dengan kita yang beraneka ragam ras, suku, agama di Indonesia perlu rukun. Kerukunan yang bersumber dari Allah. Kerukunan dengan mau bertahan menjaga dan merawat keharmonisan, yaitu dengan :
- saling menerima perbedaan (menerima orang lain dengan kelebihan/kekurangannya)
- saling menghargai ( semakin dapat memikirkan kebaikan dan kemajuan orang lain)
- saling menopang  ( menolong dan menanggung beban yang ada, orientasi hidup membawa kebaikan yang membangun bagi orang lain). Terlebih negara kita yang akan merayakan HUT RI ke 73. Negara kita merdeka.Tentulah kita sangat bersyukur kepada Tuhan Allah. Biarlah hidup yang kita hidupi senantiasa rukun  sesuai kehendakNya. Amin

Selamat Pagi dan Selamat beraktifitas. Tuhan berkati 🙏. SLS.