running text

HORAS!!! SELAMAT DATANG DI BLOG HKBP SUTOYO; Jln. Letjend Sutoyo, Jakarta Timur - Indonesia

Sabtu, 11 Agustus 2018

Renungan Harian - "Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, di situ ada kemerdekaan"


Sabtu, 11 Agustus 2018

"Sebab Tuhan adalah Roh; dan dimana ada Roh Allah, di situ ada kemerdekaan"
(2 Korintus 3:17)

Tema : Roh Tuhan menyertai setiap orang percaya.

Sesudah Yesus naik ke Surga, Roh Kudus turun dan bekerja tanpa dibatasi ruang, tempat maupun waktu. Roh Tuhan hadir dimana saja, tidak terbatas, dapat hadir dimana saja "Omni present/maha hadir". Dia selalu ada bersama dengan kita.
Paulus menyebut : Tuhan adalah Roh dan dimana ada Roh Allah disitu ada kemerdekaan.

Kemerdekaan yang dimaksud bukanlah kemerdekaan melakukan apa saja yang diinginkan (1 Kor. 10:23-24) Mis : menutupi kejahatan, membenarkan pertengkaran (Yak.4:1-2; 1 Pet 2:16-25) tetapi kemerdekaan/kebebasan untuk melakukan apa yang harus dilakukan yaitu bebas dari perbudakan dosa, maut dan tuntutan Hukum Taurat.

Paulus dalam nas ini menjelaskan pekerjaan Roh Kudus, bahwa Roh Kuduslah yang sudah membebaskan kita untuk taat kepada Allah, membuat kita optimis hidup dalam kasih, damai sejahtera, mencintai yang baik dan benar, membenci kejahatan walaupun masih harus menghadapi berbagai tantangan dan pergumulan hidup.Tidak tolirir dengan kejahatan. Kita dapat melihat peluang dibalik persoalan. Kita sanggup menjalani resiko dari pilihan yang kita ambil.
Dalam hidup terpancar karakter Kristus, yang semakin lama semakin menyerupai Kristus, dan dengan sukacita melakukan kehendak Allah.



Oleh karena itu biarlah Roh Kudus yang menguasai diri kita agar memerdekakan diri kita taat melakukan kehendak Allah di manapun kita berada. Amin

Selamat Pagi dan Selamat berakhir Pekan. Tuhan berkati.🙏SLS.