running text

HORAS!!! SELAMAT DATANG DI BLOG HKBP SUTOYO; Jln. Letjend Sutoyo, Jakarta Timur - Indonesia

Jumat, 24 Agustus 2018

Renungan Harian - Janganlah Saling Menghakimi


Renungan Harian HKBP Sutoyo

Jumat, 24 Agustus 2018

Janganlah Saling Menghakimi
Roma 14 : 13
"Karena itu janganlah kita saling menghakimi lagi! Tetapi lebih baik kamu menganut pandangan ini: Janganlah kita membuat saudara kita jatuh atau tersandung!”

"Onpe, unang be hita masiuhumuhuman! On ma tahe timbangi hamu: Unang ma binahen partuktuhan manang pargasipan tu dongan”.

Membangun kerukunan di antara manusia, tidaklah mudah. Karena kita berhubungan dengan manusia yang beragam karakter, sifat dan perilaku. Ada manusia yang kuat dan lemah, pintar dan bodoh, kaya dan miskin dan sebagainya. Sehingga terkadang banyak manusia yang menghakimi sesamanya yang lemah, yang bodoh dan yang miskin. Seakan-akan menuduh mereka yang hidup dalam keterbatasan disebabkan oleh karena perilaku mereka sendiri.
Memang begitu mudahnya manusia menghakimi sesamanya. Tetapi dalam teks ini Rasul Paulus menekankan dan mengingatkan pihak yang “kuat” dan yang “lemah” supaya saling menerima serta tidak saling menghakimi. Juga pihak yang kuat tidak menjadi batu sandungan bagi yang lemah. Paulus mengatakan cukuplah sampai di sini melakukan kesalahan, jangan melakukannya lagi. Itulah yang dikatakan Paulus “janganlah kita”, ungkapan ini menyatakan bahwa dia melibatkan diri di dalamnya. Dengan pemahaman supaya mereka meninggalkan. Sepertinya ada ajakan Paulus, supaya mereka lebih baik menganut pandangan ini dengan tujuan supaya tidak membuat saudara kita tersandung atau terjatuh.



Dengan teks ini setiap umat Kristen diajak untuk berusaha tidak membuat sesama kita tidak tersandung dan terjatuh. Karena akibat dari perbuatan ini akan mendukakan sesama. Orang Kristen harus berhati-hati supaya tidak saling mendukakan. Amin. MMS