running text

HORAS!!! SELAMAT DATANG DI BLOG HKBP SUTOYO; Jln. Letjend Sutoyo, Jakarta Timur - Indonesia

Jumat, 10 Agustus 2018

Renungan harian - Jadi apabila Anak itu memerdekakan kamu, kamu pun benar-benar merdeka

Renungan harian Jemaat HKBP Sutoyo

Jumat, 10 Agustus 2018

Jadi apabila Anak itu memerdekakan kamu, kamu pun benar-benar merdeka.

(Molo dipalua Anak i hamu, na malua situtu ma hamu) – Yohanes 8, 36

Horas...
Syalom buat amang dan inang yang dikasihi Tuhan.

Bagaimana kabar pagi ini, masih semangat? Sebelum menjawabnya mari kita perhatikan dan membaca sekali lagi Firman Tuhan hari ini dari Yohanes 8 ayat 36 tadi yang mengatakan, “Jadi, apabila Anak itu memerdekakan kamu, kamu pun benar-benar merdeka”. Ada yang mau kita sadari dan ketahui dari nats ini, yaitu: pertama, kalimat ini adalah kalimat yang langsung disampaikan oleh Tuhan Yesus kepada orang banyak, kala itu... pada zaman Yesus... Akan tetapi saat ini kalimat tersebut adalah untuk saya, amang, inang dan kita yang telah dipilih menjadi umatNya. Ingat, untuk kita. Kedua, nats ini mengingatkan kita bahwa kita sudah dimerdekakan Tuhan - AnakNya. Merdeka dari apa? Merdeka dari dosa. Kita telah diberi Kuasa untuk melawan dan menaklukan dosa. Itu artinya bahwa sebenarnya kita, umat yang percaya kepadaNya sudah bebas dari dosa karena kita berkuasa mengalahkan dosa yang selalu mengganggu dan ingin menghancurkan/merusak kehidupan kita. Bagaimana caranya? Baptisan kudus. Bukankah kita semua sudah dibaptis? Dibaptis di dalam Nama Bapa, AnakNya Tuhan Yesus Kristus dan Roh Kudus. Orang yang sudah dibaptis akan menyatu dengan Dia, sehingga ketika kita mengingat baptisan yang telah kita terima hendaklah kita mengingat juga bahwa kita telah menyatu dengan Dia yang Maha Kuasa. Ketiga, jangan ragu dengan Kuasa yang telah diberikanNya kepada kita. Dikatakan, ‘kamu pun benar-benar merdeka’. Merdeka betulan lho... bukan ecek-ecek (bahasa Medan: main-main/sembarangan) karya Tuhan yang diberikan kepada kita. Jangan ragu akan hal itu!

Oleh karena itu, bersemangatlah hari ini. Jangan ragukan KuasaNya! Pakailah itu agar kita dapat menikmati perjalanan waktu kita dalam aktifitas satu hari ini. Jadilah berkat buat banyak orang khususnya yang ada di sekelilingmu. Berbuat baik lah dan selalu optimis bahwa Tuhan sudah menyediakan berkatNya buat kita hari ini untuk kita nikmati bersama dengan orang yang kita cintai. Tuhan mengasihimu. Amen.

Doa:
Ya Tuhan, berkatilah kami dalam satu hari ini. Ajari kami mempergunakan kemerdekaan yang telah Engkau berikan kepada kami untuk kemuliaan Nama Tuhan. Jadikan kami umatMu ini agar selalu menjadi berkat bagi banyak orang. Ya Tuhan, kasihanilah kami. Amen. Ch.Hrp