running text

HORAS!!! SELAMAT DATANG DI BLOG HKBP SUTOYO; Jln. Letjend Sutoyo, Jakarta Timur - Indonesia

Selasa, 28 Agustus 2018

Renungan Harian


Renungan Harian HKBP Sutoyo

Selasa, 28 Agustus 2018

“Ada lagi pada-Ku domba-domba lain, yang bukan dari kandang ini; domba-domba itu Kutuntun juga dan mereka akan mendengarkan suaraKu dan mereka akan menjadi satu kawanan dengan satu gembala”

Adong dope angka biru-birungKu na asing,na so sian bara on. Ingkon dohot do angka i togihononKu;tangihononnasida do soarangKu,dungi gabe sada punguan ma i jala sada ma parmahan ( Yohannes 10:16 )

Jemaat Yang dikasihi Yesus Kristus..
Hubungan kita dengan Tuhan digambarkan seperti gembala dan domba.  Ada banyak lagu yang digubah menjadi kidung-kidung pujian  yang indah yang menggambarkan Tuhan adalah gembala kita. Salah satu yaitu karangan dari Bornok Hutauruk  “ Tuhan adalah gembalaK; Tenanglah kini hatiku (Joseph H.Gilmore) dan masih banyak lagi. Pada ayat sebelumnya (ayat11) dikatakan Yesus adalah gembala yang baik. Tugas seorang gembala  adalah penjaga. Ia akan maju paling depan saat bahaya menjelang. Serigala, harimau, macan dan beruang bukanlah halangan. Nyawapun rela melayang demi domba-domba tersayang. Dan jika domba tersayang nakal lari ke jurang, maka gembala yang baik akan lari mengejar dan menyelamatkan. Ini namanya jaminan perlindungan. Kedua, seorang gembala adalah penuntun. Rupanya domba-domba ini adalah binatang yang bodoh. Mereka tidak bisa mandiri mencari makan sendiri, apalagi untuk jalan pulang ke kandang seringkali mereka nyasar ke seberang. Itu sebabnya gembala yang baik akan senantiasa berjalan di depan, menuntun mereka ke padang yang berumput hijau agar mereka dapat makan sampai kenyang, dan ke sungai yang berair jernih dan tenang agar domba-domba dapat minum sampai segar. Ini berbicara tentang jaminan pemeliharaan. Ketiga, gembala juga adalah penghibur, yang akan menyanyikan lagu-lagu, memetik kecapi, atau memainkan seruling saat ia menjaga domba-domba gembalaannya itu. Ini namanya jaminan penghiburan.



Jemaat yang dikasihi Yesus Kristus...
Dari nats hari ini kita dapat melihat betapa besar kasih Allah yang hendak mengumpulkan orang-orang percaya dari setiap belahan dunia ini. Perkataan Yesus dalam ayat 16 ini menunjuk secara khusus kepada domba-domba lain yang “bukan dari kandang ini”. Denagan kata lain mereka masih diluar kandanga, mungkin diluar komunitas atau persekutuan yang kita sebut persekutuan orang percaya atau gereja. Yesus pun memperdulikan dan mengasihi mereka, bahkan merasa berkewajiban untuk menuntun mereka. Sikap ini harus nampak dalam pelayanan kita sebagai gereja, yang tidak membeda –bedakan dan terbuka kepada dunia dimana Yesus dengan setia melayani dan memberikan hidup-Nya bagi manusia dan dunia ini (band. Yoh. 3:16). Gereja adalah penampakan persekutuan orang-orang percaya yang telah diselamatkan oleh Yesus, karena itu setiap orang percaya berada dalam satu kesattuan iman dan mereka adalah satu sebagai domba-domba Allah. Pdt. HP. Simbolon.