running text

HORAS!!! SELAMAT DATANG DI BLOG HKBP SUTOYO; Jln. Letjend Sutoyo, Jakarta Timur - Indonesia

Minggu, 26 Agustus 2018

Renungan Minggu - "Supaya mereka menjadi satu"


Renungan Minggu, 26 Agustus 2018

Ev : Yoh.17:20-23 "Supaya mereka menjadi satu"

Biasanya memperbesar jurang perbedaan lebih mudah daripada mencari kesamaan. Ini sudah menjadi hal yang lumrah di jaman sekarang. Perpecahan demi perpecahan terus saja terjadi. Tidak saja terhadap orang-orang duniawi tetapi juga di kalangan anak Tuhan. Tidak jarang kita menjumpai perpecahan di tubuh Gereja bahkan adapula yang sampai menyebabkan permusuhan antar Gereja. Ada yang menyebut Gerejanya lah yang benar dan menganggap Gereja lainnya sesat. Saling mengejek, merendahkan, memojokkan, menganggap dirinya yang benar dan lainnya salah. Tentu hal ini sangat menyedihkan. Bagaimana kita mau menjadi berkat jika di antara kita pun sudah saling menyalahkan ? Bukannya menghargai atau menghormati perbedaan malah sibuk mencari jurang perbedaan ? Bukannya semakin dekat malah semakin jauh. Padahal perbedaan adalah juga ciptaan Tuhan. Dimana letak kasih ?

Jangan mimpi untuk bisa mengasihi orang lain jika kepada saudara seiman saja kita tidak mampu mengaplikasikannya. Jangan mimpi untuk mengubah dunia menjadi lebih baik jika yang sudah baik saja terus tergrogoti. Tata cara peribadatan pun akhirnya menjadi celah bagi iblis untuk mengobok-obok kita, dan ironisnya kita mengijinkannya hingga rentan dengan perselisihan dan perpecahan.



Untuk itulah Yesus berdoa dalam doa sya'faatNya; agar mereka menjadi satu ( ut omnest unum Sint). Yesus merindukan kesatuan yang utuh. Karena kesatuan umat merupakan harta yang berharga dan senjata paling efektif untuk bersatu, solid dan jauh dari perpecahan dan perselisihan.
Yesus berdoa untuk setiap orang percaya dan masa depan orang percaya. Dalam doa ini membuktikan :
- kepedulian Yesus atas perkembangan manusia ke depan yang semakin mudah untuk terpecah dan dipecahkan.
- keprihatinan Yesus melihat keberadaan manusia yang semakin hari mengutamakan kepentingan pribadi serta lebih mengutamakan kebenaran dirinya dari pada kebutuhan bersama.

Maka demikianlah kita terinspirasi untuk rajin berdoa dan berdoa sya'faat, mendoakan bukan hanya diri sendiri tetapi juga untuk orang lain, orang yang percaya kepada Yesus dan yang akan percaya kepada Yesus. Amin.

Selamat hari Minggu dan Selamat beribadah. Syalom