running text

HORAS!!! SELAMAT DATANG DI BLOG HKBP SUTOYO; Jln. Letjend Sutoyo, Jakarta Timur - Indonesia

Sabtu, 04 Agustus 2018

Renungan Harian

Selamat pagi, selamat akhir pekan, selamat berjumpa kembali amang, inang dan salam terkasih dalam nama Tuhan kita Yesus Kristus. Nats Renungan buat kita hari ini Sabtu tgl 04 Agustus 2018 diambil dari Roma 12:3 Berdasarkan kasih karunia yang dianugerahkan kepadaku, aku berkata kepada setiap orang di antara kamu: Janganlah kamu memikirkan hal-hal yang lebih tinggi dari pada yang patut kamu pikirkan, tetapi hendaklah kamu berpikir begitu rupa, sehingga kamu menguasai diri menurut ukuran iman, yang dikaruniakan Allah kepada kamu masing-masing.

Thema:
Yang kita pikirkan harus sesuai dengan yang kita lakukan.
     Jika lebih besar pasak daripada tiang maka tiang itu akan pecah dan tidak akan berguna lagi. Berdasarkan kasih anugrah yang diberikan oleh Allah, itulah sebabnya Paulus mengatakan tentang keterbatasan pikiran supaya jangan ada yang menganggap dirinya lebih tinggi daripada orang lain. Tidak ada yang diperhamba atau yang dipertuan, semuanya itu sama dihadapan Allah dan tidak ada yang berbeda.



     Tuhan memberikan pikiran kepada kita supaya kita mengerti tentang perbuatan Allah dan melakukan sesuai dengan kehendakNya. Bukan karena kita sudah mengetahui jalan Tuhan sehingga kita menjadi tinggi hati, tidak! Bahkan harus semakin merendahkan diri, ibarat seperti padi yang berisi semakin merunduk, bukannya seperti padi yang kosong selalu meninggikan hatinya. Kesombongan yang diperbuatnya terhadap sesamanya adalah perbuatan kepada Allah dan bukan kepada sesamanya. Oleh karena itu berbuatlah dengan baik kepada sesamanya sebagai ujudnyata memenuhi hukum Kristus.

     Yang perlu kita renungkan adalah: Bagaimana supaya kita benar-benar mengenal diri kita dengan sebenarnya dan tidak akan membiarkan kuasa dunia untuk menguasai diri kita. Sekali kita memperkenankan iblis berkuasa dalam diri kita, pada saat itu jugalah kita akan memberontak terhadap Allah. Maka jangan sekali-kali kita meremehkan kekuatan Allah, Dia yang berkuasa atas segala-galanya. Dia yang menuntun perjalanan hidup kita dan mengarahkan kita supaya meminta pertolongan dari Allah. Kiranya Tuhan senantiasa menyertai dan memberkati kita semua dalam segala kegiatan kita setiap harinya. Selamat berkarya. Amin..(NPN).