running text

HORAS!!! SELAMAT DATANG DI BLOG HKBP SUTOYO; Jln. Letjend Sutoyo, Jakarta Timur - Indonesia

Jumat, 17 Agustus 2018

Renungan Harian - “Langkah orang ditentukan oleh TUHAN,tetapi bagaimanakah manusia dapat mengerti jalan hidupnya”.


Renungan Harian HKBP Sutoyo

Jumat, 17 Agsts 2018

“Langkah orang ditentukan oleh TUHAN,tetapi bagaimanakah manusia dapat mengerti jalan hidupnya”.
[Amsal  20 : 24 ]

Syalom!! Selamat pagi, selamat bertemu kembali dalam renungan harian HKBP Sutoyo. Hari ini Jumat 17 Agustus 2018, kita merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 73. Sebagai warga gereja sekaligus warge negara, saya menyapa saudara dengan ucapan Merdeka..merdeka..merdeka. Sekali merdeka tetap merdeka !

Bapk/ibu/Sdr/I  diberkati  Tuhan.  Berbicara tentang  kemerdekaan, dalam firman Tuhan  Galatia 5 : 13  “Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih.  Sebab Tuhan adalah Roh; dan di mana ada Roh Tuhan, di situ ada kemerdekaan. II Korintus 3:17. Kita percaya  kemerdekaan itu adalah  anugerah dan pemberian Tuhan bagi bangsa kita.

Saudara/i yang diberkati Tuhan !
Kita yang telah mempercayakan diri kepada Tuhan Yesus Kristus diberikan Tuhan Roh-Nya yang kudus tinggal dalam kita dan yang memimpin kita langkah demi langkah dalam hidup ini. Roh itu mengarahkan kita ke kiri atau ke kanan. Yang kita perlukan ialah berusaha mengerti kehendak Tuhan dan peka terhadap pimpinan Roh itu agar kita selalu melangkah dengan iman.
Kita tidak selalu dapat mengerti mengapa kita disuruh Tuhan melangkahkan langkah itu, urusan kita adalah tetap mempercayakan diri kepada-Nya. Itulah hidup beriman yang menyukakan Tuhan.

Saudara/i yang dikasihi Tuhan !
Orang yang bijaksana memiliki perencanaan yang baik dalam hidupnya, berbeda dengan orang bodoh, mereka  hidup tanpa tujuan. Namun tentu saja tidak semua yang kita rencanakan berjalan mulus, karena kadang-kadang Tuhan mengejutkan kita di tengah-tengah perjalanan. Bagaimana saudara menyikapi hal ini? Respon yang bisa muncul adalah kecewa dan stres.
Salomo dalam Amsal yang ditulisnya berkata langkah orang ditentukan oleh Tuhan, tetapi bagaimanakah manusia dapat mengerti jalan hidupnya? Artinya setiap hal yang terjadi dan kita lewati dalam hidup telah diatur dan ditentukan oleh Tuhan. Salomo pun memiliki  hidup yang tidak berjalan mulus. Salomo raja yang besar juga pernah gagal. Bahkan kegagalan yang kemudian berakibat fatal bagi pecahnya kerajaan Israel. Dan akhirnya Salomo memahami bahwa sesungguhnya manusia terbatas dalam memahami jalan hidupnya. Tetapi Tuhan yang tidak terbatas mengetahui jalan seperti apa yang kita tempuh karena Ia sudah menentukannya sejak semula.



Maka ketika kita sedang menghadapi  kegagal dalam hal apa pun itu, ingatlah bahwa memiliki keterbatasan. Jangan putus asa, melainkan berpeganglah teguh kepada kekuasaan dan kasih Tuhan yang besar yang mengatur hari-hari hidupmu. Jangan fokus pada kegagalan yang sedang terjadi, pada kejutan yang mengecewakan, tetapi fokuslah pada Tuhan yang mengatur segala sesuatu yang terjadi dalam hidup ini. Lihatlah kegagalan itu sebagai batu loncatan untuk menikmati dan memahami betapa besarnya kasih Tuhan. Kegagalan adalah suatu kesuksesan yang tertunda, karena itu kita harus bangkit  dan bangki, dan bangkit, jangan mau putus asa. Karena putus asa tidak ada kamus dalam iman Kristen. Amin. Tuhan memberkati.

Doa :
a. Terimakasih Tuhan atas kemerdekaan yang Tuhan berikan kepada kami.
b. Tiap langkahku diatur oleh Tuhan.
c. Biarlah kami memiliki rencana ke depan tetapi Tuhanlah yang menentukan. Amin
Pdt. B. Napitupulu.