running text

HORAS!!! SELAMAT DATANG DI BLOG HKBP SUTOYO; Jln. Letjend Sutoyo, Jakarta Timur - Indonesia

Kamis, 13 September 2018

Renungan Harian - Dan apabila seorang tidak menerima kamu dan tidak mendengar perkataanmu, keluarlah dan tinggalkanlah rumah atau kota itu dan kebaskanlah debunya dari kakimu.


Renungan Harian HKBP Sutoyo

Kamis, 13 September 2018

Matius 10:14; “Dan apabila seorang tidak menerima kamu dan tidak mendengar perkataanmu, keluarlah dan tinggalkanlah rumah atau kota itu dan kebaskanlah debunya dari kakimu.”

"Jadi anggo so dijangkon nasida hamu manang na so olo tumangihon hatamuna, tadingkon hamu ma bagas dohot hutanasida, laos pirpirhon hamu ma dompak nasida nang orbuk na lohot di patmuna i."

Untuk melaksanakan tugas yang ditugaskan bagi seseorang, tentunya harus sesuai dengan instruksi dari pemberi tugas. Bukan dilakukan sesuai dengan kehendak sendiri dan memaksakan agar tetap berhasil. Mungkin itu bisa di bidang yang lain. Akan tetapi berbeda dengan pengutusan yang disampaikan oleh Tuhan Yesus kepada murid-Nya. Karena ada orang yang berusaha memaksa mau membawa seorang percaya kepada Kristus, melalui kegiatan-kegiatan sosial. Ini adalah suatu yg bertentangan bagi Firman Tuhan. Alkitab dengan jelas mengatakan: berkata jika seseorang tidak menerima salamnya, kebaskanlah debunya dari kakimu.
Bapa/Ibu, bukan berarti bahwa pekerjaan itu bagi Tuhan itu tidak baik. Tetapi mengadakan pemaksaan dengan melakukan kegiatan sosial agar seseorang menjadi percaya kepada Kristus sesuai dengan teks ini tidak tepat. Karena yang mennyentuh hati manusia bukan kita, tetapi Kristus. Itulah sebabnya alkitab berkata "Mintalah kepada yg Empunya tuaian. Berarti yang harus diperbuat adalah memberi yang terbaik, melayani, mengerjakan yang seharusnya kita kerjakan. Untuk membuat hati seseorang menjadi percaya, itu bukan hasil karya dan upaya kita, tapi adalah urusan Tuhan.



Kadang ada seseorang yang menjadi sombong, karena hasil pelayanannya. Dan mengatakan, kalau bukan karena saya mana mungkin orang itu bertobat, sudah berapa pendeta yang melayani dia, dan hanya lewat pelayanan saya, orang itu bertobat.
Melayani Kristus bukan upaya kita. Karena tugas kita masing-masing sama, yaitu hanya menabur dan hanya menabur. Inilah perintah yang Tuhan berikan kepada kita. Karena Allah sendirilah yang akan menumbuhkan dan merubah hati seseorang.
Nah, sekarang mari memeriksa diri masing-masing. Mungkin selama ini kita hanya mengandalkan kekuatan kita sendiri. Karena alkitab berkata "terkutuklah orang yg mengandalkan kekuatannya sendiri". Jika kita sudah siap untuk melangkah bagi Kristus, jalankanlah dengan baik, milikilah perilaku hidup yang sesuai dengan kehendak dan jalan Tuhan, dan akhirnya, layanilah Kristus. Bahwa Kristuslah yang menumbuhkan. Karena, jika bukan Kristus, kita ini bukan apa-apanya. Jika mungkin ada di antara kita yang melayani Tuhan, tapi hanya mengandalkan kekuatan kita sendiri, itu sebabnya kita selalu gagal. Mungkin karena kita tidak turut dengan perintah Tuhan dengan sungguh-sungguh, sehingga kita gagal pula. Biarlah kita berdoa, mau buka hati dan bersedia dijamah, karena hanya kekuatan dan kuasa Yesus yg dapat memberi kita kekuatan. Amin