running text

HORAS!!! SELAMAT DATANG DI BLOG HKBP SUTOYO; Jln. Letjend Sutoyo, Jakarta Timur - Indonesia

Senin, 17 September 2018

Renungan Harian -


Renungan Harian HKBP Sutoyo

Senin 17 September 2018

Mazmur 41:2-31 “ Berbahagialah orang yang memperhatikan orang lemah! Tuhan akan meluputkan dia pada waktu celaka. Tuhan akan melindungi dia dan memelihara nyawanya”

Jemaat yang dikasihi Yesus Kristus...

Bertemu lagi dalam renungan hari ini, sebelumnya saya ingin menyapa saudara Shalom, selamat beraktivitas. Firman Tuhan yang kita baca kali ini mengajarkan kita memperhatikan orang lemah. Kehadiran kita dunia ini  untuk menjadi berkat bagi orang lain, berkat yang kita terima dari Tuhan bukan hanya untuk diri kita sendiri melainkan untuk orang yang ada di sekitar kita. Kita tahu bahwa banyak orang orang mengalami kesusahan, kekurangan dan tidak terkecuali didalamnya ada orang Kristen. Karena kita bisa melihat banyak diantara saudara-saudara kita seiman hidup dalam “kekurangan”. Sebenarnya ini adalah tantangan bagi kita, apakah kita hanya menggunakan berkat yang kita terima dari Tuhan untuk diri kita sendiri, atau kita akan membantu saudara-saudara kita yang dalam kekurangan itu. Pemazmur mengatakan “Berbahagilah orang yang memperhatikan orang lemah... “ Dalam memperhatikan orang lemah, kita harus siapkan mental dengan jujur dan penuh kasih memahami kelemahannya. Memperhatikan bukan agar kita menjadikannya olokan, tetapi pertolongan itu mengajaknya menikmati kehidupan yang baik. Pemazmur menyebutnya “berbahagia” karena dengan dengan memperhatikan dengan tulus, kita tidak kehilangan teman berbagi. Dan selanjutnya Pemazmur mengatakan: “ Tuhan akan meluputkan dia pada waktu celaka. Tuhan akan melindungi dia dan memelihara nyawanya”. Kasih yang kita berikan kepada yang  akan membuka tangan kita menerima berkat Tuhan. Akan banyak berkat yang kita terima: Pertama: meluputkan kita pada waktu celaka; Kedua:Tuhan akan memelihara dan melindungi nyawa kita; Ketiga: Kita disebut berbahagia dan Tuhan tidak akan membiarkan kita dipermainkan musuh dan masih banyak lagi.



Jemaat yang dikasihi Yesus Kristus...
 Tidak sia-sia jika memperhatikan orang yang lemah dan kekurangan karena Tuhan berjanji untuk memberkati siapa pun yang suka menolong orang lain. Ada banyak orang yang membutuhkan di sekitar kita. Mereka membutuhkan kasih, pengharapan, dan penghiburan. Meski tidak dapat menyelesaikan semua permasalahan mereka, kita dapat menunjukkan kepedulian kita.
Mungkin ada diantara kita yang berkata, saya belum menjadi jutawan. Jadi belum bisa membantu orang lain. Kalau kita menunggu menjadi jutawan baru membantu, apa bedanya kita dengan orang duniawi?
Kita mungkin tak punya banyak uang, tetapi kita dapat memberi diri kita. Kita bisa menunjukkan bahwa kita memikirkan orang-orang yang membutuhkan. Kita dapat mendengarkan mereka bercerita. Kita dapat memperlakukan mereka dengan sopan santun dan hormat. Kita dapat berdoa. Kita dapat membangkitkan semangat mereka. Oleh karena itu mari kita mempraktekkan pelayanan kasih ini dalam hidup sehari-hari;  meskipun kita sedang lemah kita tetap harus membantu orang yang lebih lemah dari kita. Amin. HPS.

===========
Untuk mendapatkan setiap hari Bacaan 📖 dan Audio 📣 Renungan Harian ini, Anda cukup mengirim WA ke No 082275537070 dengan menulis data anda yaitu:
1. Nama Anda:
2. Nama Sektor Anda /Jemaat Tamu:
===========