running text

HORAS!!! SELAMAT DATANG DI BLOG HKBP SUTOYO; Jln. Letjend Sutoyo, Jakarta Timur - Indonesia

Selasa, 04 September 2018

Renungan Harian - Hendaklah kamu selalu rendah hati, lemah lembut, dan sabar. Tunjukkanlah kasihmu dalam hal saling membantu


Renungan Harian HKBP Sutoyo

Selasa, 04 September 2018

“Hendaklah kamu selalu rendah hati, lemah lembut, dan sabar. Tunjukkanlah kasihmu dalam hal saling membantu”.  (Efesus 4:2)

Horas Amang/Inang yang dikasihi Tuhan...

Selamat Pagi. Sudah siap menikmati hari Tuhan untuk hari ini? Hari ini kita disapa oleh Firman Tuhan yang sangat luar biasa. Mengapa? Melalui nats hari ini kita diingatkan bagaimana kita bersikap sebagai orang Kristen yang memiliki nilai – value hidup yang berbeda dengan orang lain. Tentunya kita ingat akan visi gereja HKBP bukan? Ya... visi HKBP adalah menjadi berkat bagi dunia. Dengan visi ini diharapkan agar setiap warga HKBP berusaha untuk menjadi berkat di mana pun dia berada. Dan inilah panggilan kita sebagai warga gereja yang notabene warga kerajaan Allah.

Hari ini kita diingatkan Rasul Paulus akan 3 (tiga) hal yang sebisa mungkin menjadi suatu kebiasaan hidup sebagai orang yang terpanggil. Yaitu: rendah hati, lemah lembut dan sabar. Paulus sadar bahwa ketiga hal ini pastilah tidaklah gampang, butuh proses untuk melakukannya. Itu sebabnya Paulus memulai dengan kata ‘hendaklah’. Kata ‘hendaklah’ adalah suatu himbauan atau ajakan kepada setiap orang yang bersedia atau mau menjadi orang Kristen yang benar. Himbauan atau ajakan ini diharapkan menjadi ciri yang bisa dirasakan oleh orang lain yang ada di sekitar kita, agar orang lain merasa nyaman berinteraksi atau berteman/bersahabat bahkan bekerjasama dengan kita. Akan ketiga perilaku yang diingatkan Paulus ini tentunya kita juga menginginkannya dari orang lain. Akan tetapi oleh Paulus menginginkan agar pihak yang lebih dahulu melakukannya adalah kita. Karena kita adalah orang yang terpanggil dan yang telah dipilih untuk melakukan yang Tuhan inginkan.

Amang/inang yang baik...



Untuk itu marilah kita berusaha untuk menjadi baik hari ini... mulailah hari ini untuk berkomitmen melakukan himbauan Rasul Paulus untuk selalu rendah hati, lemah lembut dan sabar di mana pun kita berada. Marilah juga kita saling menunjukkan kasih Tuhan yang sudah ada di dalam hidup kita untuk saling membantu dan mendukung agar masing-masing kita berusaha dan terus berusaha selalu dalam kerendahan hati, lemah lembut an sabar. Yakinlah bila hal tersebut kita lakukan, hari ini kita akan menerima berkat yang luar biasa dari Tuhan. Amin. Tuhan memberkati kita.  (Chris Hrp).

Doa:
Ya Tuhan, ajarlah kami untuk selalu hidup sesuai dengan kehendakMu. Bantulah kami untuk berlaku sesuai dengan keinginanMu agar kami menjadi pribadi yang rendah hati, lemah lembut dan sabar. Amin.