running text

HORAS!!! SELAMAT DATANG DI BLOG HKBP SUTOYO; Jln. Letjend Sutoyo, Jakarta Timur - Indonesia

Sabtu, 22 September 2018

Renungan Harian - Sebab Tuhan berbelas kasihan mendengar rintihan mereka karena orang-orang yang mendesak dan menindas mereka”


Renungan Harian HKBP Sutoyo

Sabtu 22 September 2018

Sebab Tuhan berbelas kasihan mendengar rintihan mereka  karena orang-orang yang mendesak dan menindas mereka” Hakim-hakim 2:18b

Horas... Selamat Berakhir Pekan ,.. Jemaat yang  dikasihi Yesus Kristus...
Sifat Tuhan yang seringkali dikenal orang adalah Tuhan yang penuh dengan belas kasihan, sepanjang hidup ini, setiap dari kita tentunya merasakan kasih setia Tuhan. Kita ada sampai dengan saat ini dalam keadaan yang baik tanpa kekurangan suatu apapun, juga merupakan salah satu anugrah serta kasih Tuhan yang patut kita syukuri. Bahkan sedikit atau banyak kita semua pasti pernah mendapatkan anugrah dari Tuhan, apakah itu berupa kesembuhan, berkat ataupun pertolongan Tuhan yang lain, sebab Yesus yang kita sembah adalah Tuhan yang penuh dengan kasih dan kemurahan.
Belas Kasihan Allah dinyatakan kepada bangsa Israel yang sedang mengalami kemorosotan moral setelah Yosua meninggal. Kepergiannya membuat mereka bergaul dengan masyrakat sekitar. Akibatnya mereka menyimpang dari jalan Allah. Umat itu melupakan kebaikan Allah yang memimpin mereka keluar dari Mesir serta memberikan mereka tanah pusaka.Mereka ikut menyembah allah-allah bangsa sekitar dan mendukakan hati Allah. Penyelewengan tersebut semakin merusakkan, keagamaan,kemasyarakatan dan pemerintahan mereka. Penipu, penindas dan berbagai kejahatan lain semakin merajalela.Para hakim semakin semena-mena memperjualbelikan hukum. Ketidak adilan terjadi dimana-mana dan para imampun ikut berdosa,sehingga pemerintahan,peribadahan dan hubungan kemasyarakatan mereka semakin rusak. Namun Allah tidak membiarkan mereka hancur, Allah mengangkat seorang hakim yang adil dan jujur serta taat kepadaNya. Hakim itu akan mendengar rintihan orang miskin dan ia akan berbelaskasihan kepada yang tertindas. Allah pasti mengasihi mereka dan membenci kejahatan.



Jemaat yang dikasihi Yesus Kristus...
Salah satu tanda utama dan bukti bahwa kita adalah orang Kristen  (pengikut Kristus)  adalah jika kita memiliki kasih.  Tuhan Yesus berkata,  "Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu adalah murid-murid-Ku, yaitu jikalau kamu saling mengasihi."  (Yohanes 13:35).  Jadi pengikut Kristus wajib mengikuti teladan Kristus, di mana kasih menjadi gaya hidup sehari-hari.  Orang-orang dunia pasti akan tertawa bila melihat ada orang Kristen karakternya tidak berubah sama sekali, alias serupa dengan mereka.  Kita yang dulunya cenderung egois dan tidak peduli terhadap orang lain kini harus berubah menjadi pribadi yang penuh empati dan belas kasih terhadap orang lain. Hati yang penuh belas kasih  "...tidak mencari kepentingan sendiri atau puji-pujian yang sia-sia. Sebaliknya hendaklah dengan rendah hati yang seorang menganggap yang lain lebih utama dari pada dirinya sendiri; dan janganlah tiap-tiap orang hanya memperhatikan kepentingannya sendiri, tetapi kepentingan orang lain juga."  (Filipi 2:3-4). Memiliki hati seperti Yesus berarti hidup dengan tidak mementingkan diri sendiri, melainkan memperhatikan dan mengutamakan kepentingan orang lain juga!  Biarlah mulai hari ini kita boleh mengisi hidup kita dengan hidup berbelas kasihan. Biarlah kita selalu melihat kasih dan kebaikan Tuhan. Walaupun banyak persoalan yang terjadi, percayalah bahwa kebaikan Tuhan melebihi setiap masalah dan Ia pasti memberikan pertolonganNya bagi kita.Amin ( HPS )