running text

HORAS!!! SELAMAT DATANG DI BLOG HKBP SUTOYO; Jln. Letjend Sutoyo, Jakarta Timur - Indonesia

Sabtu, 29 September 2018

Renungan harian - “Sebab itu jauhilah nafsu orang muda, kejarlah keadilan, kesetiaan kasih dan damai bersama-sama dengan mereka yang berseru kepada Tuhan dengan hati yang murni” ( 2 Timotius 2:22 )


Renungan Jemaat HKBP Sutoyo

Sabtu 29 September 2018

“Sebab itu jauhilah nafsu orang muda, kejarlah keadilan, kesetiaan kasih dan damai bersama-sama dengan mereka yang berseru kepada Tuhan dengan hati yang murni” ( 2 Timotius 2:22 )

Jemaat yang dikasihi Tuhan Yesus Kristus...
Selamat Pagi dan selamat berakhir pekan, semoga hari ini kita semua sehat-sehat,walaupun dalam sepekan ini kita lelah bekerja,namun pagi hari ini kita tidak akan merasakan kelelahan itu sebab Firman Tuhan yang selalu menguatkan kita untuk menjalani kehidupan ini.
Masa muda adalah masa yang tidak mudah.. Mengapa? Sebab masa-masa muda cenderung lebih mengutamakan pada pencarian jati dirinya yang terkadang berkesan sangat temperamental. Sehingga anak muda sering dikatakan sebagai kelompok yang sulit diatur, egois dan maunya sendiri. Selain itu orang-orang muda juga memiliki potensi-potensi yang sangat kuat  dan positif, yaitu kreatifitas, keberanian mencoba sesuatu yang baru dan semangat serta tenaga. Semua potensi dan karakter orang-orang muda tersebut, juga dibutuhkan di dalam menyaksikan kasih Allah bagi dunia ini.
Pesan Paulus kepada Timotius sebagai anak rohani dari Paulus, agar Timotius semangat dalam pelayanan sebagai gembala jemaat yang tergolong masih muda supaya tidak larut dengan nafsu kepemudaannya. Timotius diminta agar mengusahakan dirinya layak dihadapan Allah sebagai seorang pekerja yang tidak malu, yang berterus terang memberitakan kebenaran. Karena itu Pesan Paulus:



1.Menjauhi Hawa Nafsu.
Segala keinginan untuk memenuhi hawa nafsu hanyalah membawa kepada kebinasaan. Hawa nafsu akan terus menyerang kehidupan anak-anak muda. Oleh karena itu setiap keinginan yang muncul haruslah diserahkan kepada Yesus . Tidak setiap keinginan harus dimiliki saat itu juga atau bahkan ada keinginan-keinginan tertentu yang harus ditolak karena tidak sesuai dengan FirmanNya.“Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia. ” 1 Yoh 2:16
2. Menjadi Teladan
“Jangan seorangpun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu.” 1 Tim 4:12. Sebagai anak muda bukan berarti tidak bisa menjadi teladan. Justru selama menjalani masa muda harus mulai bisa menunjukkan bahwa kita adalah teladan yang patut ditiru baik dalam perkataan, tingkah laku, kasih kepada sesama, kesetiaan kepada Tuhan dan dalam kesucian hidup yang berani untuk menolak segala kecemaran yang ada.Oleh sebab itu selagi masih muda Paulus memerintahkan Timotius agar mengejar keadilan,kesetiaan, kasih dan damai. Tuhan akan memampukan setiap anak muda agar dapat hidup seturut dengan kehendakNya sehingga dapat menjadi teladan bagi teman-teman pergaulannya.

Jemaat yang dikasihi Yesus Kristus...
Hidup adalah kesempatan, demikian judul lagu yang akrab ditelinga kita, Firman ini bukan hanya bagi kalangan kaum pemuda saja, tetapi bagi kita semua orang percaya ( orang Kristen). Firman Tuhan adalah perisai dan filter yang paling ampuh bagi kita untuk dapat tetap berada dalam pergaulan yang positif. Ketika kita tidak hidup sesuai dengan firman Tuhan, maka iblis akan berusaha mempengaruhi kehidupan kita. Segala cara akan dilakukan oleh si jahat terjerumus ke dalam dosa. Pada awalnya si iblis akan menawarkan kenikmatan, tetapi pada akhirnya hidup akan dihancurkan sehingga masa depan menjadi berantakan. Kesempatan ada untuk kita sekarang jauhilah nafsu orang muda, kejarlah keadilan kesetiaan dan kedamaian.Amin.  Pdt. HP. Simbolon