running text

HORAS!!! SELAMAT DATANG DI BLOG HKBP SUTOYO; Jln. Letjend Sutoyo, Jakarta Timur - Indonesia

Kamis, 18 Oktober 2018

Renungan Harian - "Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus."


RENUNGAN HARIAN HKBP SUTOYO

Kamis, 18 Oktober 2018

2 Timotius 3 : 15

"Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus."

“Huhut asa diboto ho, sian sietetehonmi dope, surat na badia I, na margogo pabisukhon ho, asa taruli di haluaon marhitehite haporseaon di Kristus Jesus”.

Apakah Saudara membaca Alkitab setiap hari?  Mungkin ada yang  membaca dan ada berkata tidak sempat.  Karena sering sulit menyediakan waktu membaca Alkitab dan berdoa.  Bagimana untuk kegiatan yang lain? Apakah kita melakukannya? Mungkin masih ada orang Kristen, walaupun sudah mengikut Tuhan selama bertahun-tahun tetapi belum juga membaca Alkitab secara rutin. Demikian Paulus menyampaikan pesan kepada Timotius, bahwa sejak ia kecil, ibu dan neneknya telah mengajari dia firman Tuhan. Paulus menyatakan bahwa sumber terbesar untuk mempertahankan iman adalah firman Tuhan. Melalui firmanlah Tuhan akan membimbing manusia untuk setia di dalam iman dan kebenaran firman Tuhan.



Memang kita akui tidak mudah mendisiplinkan diri untuk membaca Alkitab secara rutin.  Bahkan ada juga orang Kristen yang hanya membuka Alkitabnya saat ibadah di gereja, padahal  "Injil adalah kekuatan Allah yang menyelamatkan setiap orang yang percaya. Sebab di dalamnya nyata kebenaran Allah, yang bertolak dari iman dan memimpin kepada iman"  (Rom. 1:16-17).  Jangan sekali-kali merasakan firman Tuhan tidak perlu, karena di dalamnya terkandung isi hati, kehendak, rencana, jalan dan janji-janji Tuhan.  Itulah sebabnya Tuhan memerintahkan kepada Yosua demikian,  "Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung."  (Yosua 1:8).

Alkitab berisikan firman Tuhan yang tersirat di dalamnya ajaran dan petunjuk Tuhan, yang bertujuan untuk "mengajar, menyatakan kesalahan, memperbaiki kelakuan dan mendidik orang dalam kebenaran."  (2 Tim. 3 : 16).  Dengan membaca Alkitab langkah hidup diarahkan kepada jalan kebenaran Tuhan;  juga diingatkan kembali tentang kuasa, kasih, kebaikan, kemurahan, perlindungan dan kepedulian-Nya kepada manusia.  Selain itu kita dapat meneladani kehidupan orang-orang pilihan-Nya, bagaimana mereka melewati setiap proses dan betapa Tuhan menyatakan kuasa-Nya atas mereka.  "Sebab segala sesuatu yang ditulis dahulu, telah ditulis untuk menjadi pelajaran bagi kita, supaya kita teguh berpegang pada pengharapan oleh ketekunan dan penghiburan dari Kitab Suci."  (Rom 15 : 4). Amin. MMS