running text

HORAS!!! SELAMAT DATANG DI BLOG HKBP SUTOYO; Jln. Letjend Sutoyo, Jakarta Timur - Indonesia

Senin, 01 Oktober 2018

Renungan Harian - Jangan seorangpun menganggap engkau rendah karena engkau muda....


Renungan Harian HKBP Sutoyo

Senin 01 Oktober 2018

Jangan seorangpun menganggap engkau rendah  karena engkau muda. Jadilah teladan   bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu [ I Tim 4 12]

Horas, syalom. Selamat bertemu kembali dalam renungan harian, Srenin 1 Oktober 2018. Hari ini adalah awal bulan oktober, kiranya bulan Oktober ini menjadi berkat dan sukacita bagi  kita semua.  Hari ini kita mau membahasa dengan topik “Hidup menjadi teladan bagi orang lain” Siapakah yang menjadi teladan bagi hidup kita, yang pasti adalah Yesus.

Bapak/ibu/sdr/I  yang diberkati Tuhan.!
Mengenang pidato Presiden RI  pertama, Bung Karno : "Beri Aku 10 Pemuda, Maka Akan Kuguncang Dunia! Saat pertama sekali kita mendengar pidato tersebut, muncul pertanyaan, bagaimana mungkin 10 pemuda dapat menguncang dunia ? Artinya apa, Bung Karno membutuhkan pemuda-pemuda unggul, yang memiliki kwalitas dan visi yang besar dalam menatap dunia. Luar biasa pemuda dapat merubah dunia.  Salah satucontoh pemuda yang merubah dunia, katakanlah pendiri Face Book, Mark Zuckerberg, dan banyak lagi taruna-taruna dunia yang merubah dunian ini.
Bagaimana pemuda dalam Alkitab ? Orang muda yang mau dipakai oleh Allah akan menjadi sangat indah. Yusuf, Samuel, Daud, Daniel, Stefanus, Timotius adalah contoh-contoh klasik di Alkitab. Tokoh-tokoh sejarah gereja juga banyak orang-orang muda yg dipakai Allah untuk mengubah dunia. Bahkan Firman Tuhan menjanjikan dalam Yoel 2:28-29 bahwa orang-orang muda akan mendapat curahan Roh Tuhan luar biasa untuk mengadakan tanda-tanda dan mukjizat di akhir zaman ini. Firman Tuhan katakan, “Jangan seorangpun menganggap engkau rendah karena engkau muda.'”



Tuhan tidak pernah memandang sebelah mata terhadap orang muda. Ia tidak pandang bulu, usia, kekayaan, pendidikan, ras, suku, dan lain-lainnya (Roma 2:11, Kisah 10:34). Tuhan ingin pakai orang muda, bahkan untuk menjadi teladan bagi orang-orana dewasa.
“Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia”. (Efesus 4:29)

Orang dibenarkan atau dihukum bisa karena perkataannya (Matius 12:36-37, Amsal 18:21). Karena itu berhati-hatilah dengan perkataan kita, biarlah kita selalu ingat bahwa Allah berdiri didepan mulut kita setiap kali kita berkata-kata (Mazmur 141:3). jadilah teladan dgn perkataan kita.

 Jemaat yang diberkati Tuhan !
Jadilah teladan dalam tingkah laku. Jangan suka enggan melakukan sesuatu. Pengkotbah 9:10 mengatakan, “segala sesuatu yang dijumpai tangganmu kerjakanlah itu!” Jangan suka menunda suatu pekerjaan dan juga jangan takut gagal, sebab jika Tuhan beserta kita apa saja yang kita kerjakan Tuhan akan buat menjadi indah (1 Samuel 10:6-7, Roma 8:28).
Jadilah teladan dengan menunjukan kasih kepada semua orang tanpa pilih-pilih. Baik itu teman, saudara, kerabat maupun musuh kita. Jangan pandang bulu, suku, ras, jenis kelamin, jenis baju, jenis dompet dll.

Marilah kita belajar menjadi seorang muda yang dapat menjadi teladan di dalam perkataan, tingkah laku dan kesucian hidup. Kita bisa mulai dari perkataan kita. Milikilah perkataan-perkataan yang penuh kejujuran, dapat membangun dan dapat dipercaya. Perkataan seperti ini membangun kepercayaan dan tidak bisa dijadikan alasan bagi orang lain untuk merendahkan kita. Bila hidup kita sudah menjadi teladan, berarti kita termasuk orang yang dipilih Tuhan, dan yang sudah diberkati Tuhan. Amin (Pdt BN)